Bupati Instruksikan OPD Tingkatkan Capaian Vaksinasi

Bupati Irsyad Yusuf menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk meningkatkan capaian vaksinasi. SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Irsyad Yusuf menginstruksikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar terus meningkatkan sinergi kolaborasi untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Targetnya tidak lain untuk percepatan perubahan status Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 2 menuju Level 1. Sehingga diharapkan dapat mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok.

Menurut Kepala Daerah, dalam aplikasinya di lapangan, vaksinasi harus dilaksanakan secara sinergis dan kolaboratif. Sehingga tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan saja, melainkan juga didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Saat ini Kabupaten Pasuruan masih PPKM Level 2. Untuk menurunkan level, dibutuhkan capaian vaksinasi yang tinggi. Ini membutuhkan kerja sama dan kerja keras bersama. Perlu ada terobosan-terobosan agar vaksinasi ini bisa lebih cepat,” tandas Bupati didampingi Wakil Bupati Mujib Imron dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Daerah.

Diselenggarakan di Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Senin (11/4). Kepala Daerah menitikberatkan beberapa poin dalam forum diskusi dan evaluasi yang dihadiri oleh seluruh Kepala OPD tersebut. Diantaranya, seluruh Camat diminta intens dalam upaya percepatan vaksinasi melalui kegiatan serbuan vaksin. Baik yang dilaksanakan di Puskesmas, Lembaga Pendidikan ataupun di Pondok Pesantren.

Oleh karena itu, dibutuhkan pendataan peserta vaksinasi yang valid. Semuanya harus mengacu kepada data di setiap Kecamatan. Berikut peningkatan koordinasi pelaksanaan kegiatan di lapangan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Mujib Imron.

Sementara itu, Wakil Bupati Mujib Imron menambahkan, inovasi dan terobosan vaksinasi sangat dibutuhkan agar semua pihak terkait bisa berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas. Sehingga dapat diperoleh validitas data sebagai modal utama untuk menyukseskan vaksinasi kolaborasi.

"Terkait terobosan vaksinasi, kami harap semua agar berkomunikasi dengan Kepala Puskesmas untuk mengoptimalkannya. Harapannya, dengan ikhtiar kita bersama, Pemkab Pasuruan segera masuk PPKM Level 1. Apalagi ada arahan Presiden, bagi masyarakat yang akan mudik nanti harus sudah vaksin, baik vaksin kedua maupun vaksin ketiga,” tutur Gus Mujib sapaan familiar Wakil Bupati dihadapan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. ris