Bupati Jember Ajak Kadin Wujudkan Ekonomi Unggul

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 27 Jul 2023 13:46 WIB

Bupati Jember Ajak Kadin Wujudkan Ekonomi Unggul

i

Bupati Jember Hendy Siswanto saat memberikan paparan dalam pelantikan Kadin Jember di Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (25/7/2023). Foto: Pemkab Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) Andik Dwi Putranto melantik pengurus Kadin Jember masa bakti 2023-2028 di Pendopo Wahyawibawagraha, Selasa (25/7/2023).

Pengambilan sumpah pelantikan tersebut disaksikan oleh Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto.,ST.,IPU, Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman beserta segenap para tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Cek Mikrofon, Anggota PPS di Jember Tewas Tersengat Listrik

Pembacaan deklarasi komitmen pengurus Kadin yang dibacakan oleh Ketua Kadin Kabupaten Jember Abdul Kholik mengindikasikan bahwa ia bersama jajaran pengurus Kadin siap untuk gerak cepat dalam membuat program kerja sesuai visi misi Kadin yakni menggerakkan sektor perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendy Siswanto mengaku bahwa pihaknya bahagia dan mengapresiasi adanya Kadin di kota suwar-suwir.

Pasalnya, Kadin merupakan partner yang bisa mendukung segala program pembangunan di Jember. Khsusnya dalam sektor pembangunan ekonomi.

“Kloningnya Pemkab Jember itu Kadin, mereka akan bantu pembangunan ekonomi, maka dari itu kami sangat bangga,” kata Hendy.

Menurutnya, Kadin Jember menjadi partnership Pemkab Jember sebagai wadah untuk memfasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, khususnya Kabupaten Jember dalam mewujudkan dunia usaha yang kuat.

“Wes Wayahe Kadin Jember membangun Jember yang sebenernya. Kadin adalah partnership dari pemerintah. Mari bergerak cepat untuk terus melakukan kolaborasi dan kerjasama. Pemkab Jember siap mengawal,”ujarnya

Oleh sebab itu, Kadin Jember harus bisa menjadi rumah bersama bagi pengusaha-pengusaha Jember, termasuk pengusaha mikro dan makro. Sebab, Kadin bakal mempunyai ruang gerak yang lebih luwes dan lebih fleksibel dibanding pemkab dalam menggerakkan perekonomian Jember.

Dengan memberi ruang kepada warga Jember untuk diberikan pelatihan, edukasi dan juga membantu dalam hal pemasaran produk. Hal itu dinilai menjadi salah satu kelebihan pengusaha dalam menyejahterakan masyarakat.

Baca Juga: Ratusan Napi di Jember Nyoblos di TPS Khusus

"Beda sama kami. Kalau Pemkab Jember masih ada regulasi ketat. Kalau Kadin kan anggarannya punya sendiri. Jadi lebih luas kerjanya. Bisa langsung bergerak," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Jember itu berharap, nantinya Kadin Jember dapat membantu mewujudkan percepatan pembangunan di Jember dengan mengajak para investor untuk menanamkan modalnya di Jember.

Pihaknya akan mengaku mendukung penuh adanya kolaborasi program antara Pemkab Jember dengan Kadin Jember. Bahkan, sambungnya, pemerintah daerah ke depan akan membuat kontrak kerjasama atau MoU untuk menjadi dasar bagi pihak-pihak swasta untuk ikut andil dalam pembangunan.

"Agar percepatan itu bisa diwujudkan, pemerintah perlu dukungan dunia usaha untuk pengembangan ekonomi di daerah. Kami berharap Kadin bisa hadir bersama pemerintah di sana," ucapnya.

Sementara itu Ketua Kadin Jember Abdul Kholik mengungkapkan, dalam waktu dekat ini, Kadin Jember akan fokus pada pengembangan UMKM. Nantinya, untuk meningkatkan SDM pihaknya akan membentuk klinik usaha yang itu bisa diakses oleh masyarakat secara gratis. Mulai dari perijinan, pendampingan ke perbankan, dan usaha pemasaran lainnya.

Baca Juga: Bupati Jember Target Partisipasi Pemilu Capai 90 Persen

“Kita sudah MoU pemasaran, sehingga pemasaran sudah ada semua bekerja sama sehingga stabilitas harga untuk trobosan kita membantu pemasarannya,” ujar Abdul Kholik.

Pihaknya akan mencari user-user sesuai dengan jaringannya, untuk pemasaran melalui media elektronik atau media sosial.

“Kadin Jember menandatangani kerja sama dengan Universitas ITS Mandala, Polije Jember, untuk magang kerja dan pelatihan,” ungkapnya.

Selanjutnya, jika di Kabupaten Jember tidak ada. Maka pihaknya juga akan bekerjasama dengan pihak luar bukan hanya di Jember saja, seperti Kadin Jatim maupun Kadin Indonesia.

“Bahkan Kadin lintas negara Jepang, Thailand, Swiss dan Jerman. Kita punya kekuatan jaringan untuk kesana,” pungkasnya. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU