Bupati Jember Donor Plasma Konvalesen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Jul 2021 11:53 WIB

Bupati Jember Donor Plasma Konvalesen

i

Bupati Jember H Hendy Siswanto saat melakukan donor plasma konvelsen. SP/ DIK

SURABAYAPAGI.com, Jember - Bupati Jember H Hendy Siswanto mengajak penyitas Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvelsen khususnya penyintas yang statusnya PNS. Saat ini banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan sumbangan plasma konvalesen sedangkan pendonor belum mencukupi kebutuhan.

Seusai Solat Idul Adha di pendapa Wahyawibawagraha, Hendy berangkat ke Unit Donor Darah (UDD) PMI di Jl Srikoyo untuk donor darah plasma konvalesen. Ia menjadi pendonor karena menjadi olenyitas Covid-19, setelah pernah terpapar.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Hendy bersemangat donor plasma konvalesen mengingat besarnya manfaat untuk pasien Covid-19. Dirinya menjanjikan membantu PMI membelikan alat apharesis yang digunakan untuk donor plasma konvalesen. Pasalnya, dalam sehari mesin apharesis milik PMI Kabupaten Jember hanya mampu melayani delapan orang saja. padahal, permintaan plasma konvalese sangat tinggi.

Sekitar 1,5 jam Bupati Hendy donor plasma konvalesen di UDD PMI didampingi Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki, Kepala UDD PMI Jember dr Dudung Ari Rusli, dr Ach. Wahib Wahyu Winarso SpAn. KNA, Dokter Spesialis Anestesi dan juga kepala IGD RSD RSD dr Soebandi Jember Serta dr. Triwiranto, pejabat dinas Kesehatan yang juga pengurus PMI Kabupaten Jember.

“Ini setengah perintah, setengah minta tolong, ini demi kemanusian, khususnya untuk para pasien Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan penyitas Covid-19,” kata Hendy di sela-sela donor plasma konvalesen di UDD PMI Kabupaten Jember selasa (20/7/2021).

”Saya harap para penyitas covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen yang akan sangat membantu pasien Covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Ia mendonorkan plasma konvalesennya 400 cc tetapi diteruskan sampai 600 cc setelah proses donor berjalan lancar.

Sambil donor, Hendy diskusi dengan EA Zaenal Marzuki, dr Dudung Ari Rusli dan dr Ach. Wahib Wahyu Winarso SpAn. KNA soal donor plasma konvalesen. Setelah mendegarkan penjelasan, Hendy menyatakan siap membantu membelikan mesin apheresis untuk proses donor plasma konvalesen.

Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki menegaskan permintaan plasma konvalesen sangat tinggi. “Antreannya panjang, untuk masing-masing golongan darah ada 10 pasien Covid-19 yang antre minta plasma konvalesen ke PMI Kabupaten Jember, kalau ada yang donor langsung dikirim ke pasien Covid-19 yang antre,” terangnya.

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

Sejak  1 Juli 2021 PMI Kabupaten Jember telah melengkapi mesin apharesis, dan dilanjutkan menggelar bimbingan teknis kepada petugas UDD PMI Kabupaten Jember yang telah disiapkan.” Tanggal 3 juli 2021 dilakukan donor darah plasma konvalesen pertama atas nama Dwi Tanjung dengan golongan darah O sebanyak 400 cc,” urainya.

Pada tanggal (8/7/2021), Ketua PMI  Jember EA Zaenal Marzuki ikut donor darah plasma konvalesen sebagai orang ketujuh sebagai penyintas covid-19 dengan golongan darah O.

“Perolehan plasma konvalesen sampai hari ini, Selasa (20/7/2021) berhasil menjaring sebanyak 54 penyintas Covid-19 yang telah menyumbangkan darah plasma konvalesen dengan rincian Golongan darah A sebanyak 12 kantong @ 200 Cc, Golongan darah B sebanyak 45 Kantong @ 200 CC, Golongan darah AB sebanyak 10 Kantong @200 CC dan Golongan darah O sebanyak 48,5   @200 CC,” ujarnya. (dik)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU