Bupati Jember Jadi Narsum Literasi Digital dengan Slogan Indonesia Makin Cakap Digital

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Jun 2021 09:42 WIB

Bupati Jember Jadi Narsum Literasi Digital dengan Slogan Indonesia Makin Cakap Digital

i

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto menjadi salah satu pemateri dalam literasi digital. SP/ DIk

SURABAYAPAGI.com, Jember - Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto menjadi salah satu pemateri dalam literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI melalui zoom meeting, Selasa (22/06/2021).

Program literasi digital dengan slogan “Indonesia Makin Cakap Digital” ini merupakan langkah Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan talenta digital untuk kemajuan Indonesia ke depan.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

Dalam sesi literasi digital bertajuk “Dampak Positif Bermedia Sosial” tersebut, ada 4 narasumber menyampaikan materi mengenai Cakap Bermedia Digital, Etika Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital dan Budaya Bermedia Digital, sementara Bupati Jember Hendy Siswanto bertindak sebagai Key Opinion Leader.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember Hendy menyampaikan langkahnya mewujudkan Kabupaten Jember menjadi kota pintar atau smart city dengan slogan Wes Wayahe Jember Jember Bangkit dan Cakap Digital.

Bupati Hendy akan mengawali langkahnya dengan membentuk desa pintar atau smart village.

“Kalau desanya pintar, maka kotanya pun juga pintar. Nah di sini kami mengawali dengan penyelenggaraan pemerintah dengan pemanfaatan digital atau e-Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember,” jelas Bupati Hendy.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Adapun program yang dibangun dalam e-Gov. Pemkab Jember di antaranya pertama, Jember Satu Data dimana semua data di dalam pemerintahan Kab. Jember Terintegrasi jadi satu, baik secara sistem maupun aplikasinya.

Kedua, Smart Governance akan membangun sistem pemerintahan yang terintegrasi baik secara sistem maupun kinerja sehingga dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan kinerja pmerintahan.

“Ada 6 aspek smart city di antaranya smart living, smart economy, smart branding, smart environment, smart society dan smart governance,” urainya.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Untuk mewujudkan ini semua, Bupati Hendy mengundang seluruh pegiat IT, akademisi, masyarakat umum serta sektor swasta untuk berkolaborasi.

Acara literasi digital tersebut terselenggara sukses. Tercatat 2.145 peserta mengikuti acara ini, dengan rincian 1000 peserta melalui zoom meeting, selebihnya mengikuti di YouTube streaming. (dik)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU