Bupati Jember Terapkan Digitalisasi Dokumen Agar Tak Musnah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Mar 2021 10:55 WIB

Bupati Jember Terapkan Digitalisasi Dokumen Agar Tak Musnah

i

Hendy Siwanto dan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi. SP/ Sekwan DPRD Jember

SURABAYAPAGI.com, Jember - Salah satu hasil inspeksi di hari pertama kerja Hendy Siswanto sebagai Bupati Jember yaitu menyoroti kerapian dokumen Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Hendy berupaya menerapkan adanya digitalisasi dokumen agar arsip dokumen tersebut tak musnah dimakan rayap, dan lain sebagainya.

“Ruangan Bagian Hukum terlalu sempit. Padahal dokumen ini kan penting sekali. Kita ngomong 15 tahun kemudian ada persoalan, kan harus cari file,” kata Bupati Jember, Hendy Siswanto, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga: Gudang Tembakau PTPN X Kebun Ajung Jember Hangus Terbakar saat Sahur

“File harus betul-betul terdata. Ada aplikasi untuk file. Setiap ada surat masuk, harus di-scan dulu, dimasukkan dalam sistem aplikasi. Setelah itu disposisi, dikasihkan pimpinan. Disposisi pimpinan keluar, di-scan lagi, masuk ke situ. Kalau file itu hilang, aplikasi kita aman. Ini bank data,” tambah Hendy.

Baca Juga: Pantai Cemara Jember Diterjang Banjir Rob

Selain itu, Pemkab Jember ternyata memiliki server komputer yang bisa memuat data seluruh kabupaten untuk 10-15 tahun ke depan.

“Cuma belum dimaksimalkan di ULP (Unit Layanan Pengadaan). Katanya Pak Sekda itu pengadaan hampir Rp 8 miliar,” katanya. Nantinya Pemkab Jember akan mengembangkan penggunaan server tersebut. Dsy10

Baca Juga: Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Jember Diperpanjang

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU