Bupati Jombang Ajak Generasi Muda Teladani Pahlawan

Bupati Jombang bersama Forkopimda Jombang saat tabur bunga di makam pahlawan.  SP/M Yusuf

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Bupati Jombang mengikuti upacara Ziarah Nasional yang digelar secara terbatas di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jombang, Selasa (10/11/2020). 

Ikut pula dalam kegiatan tersebut yakni, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, Dandim 0814, Letkol Inf Triyono, perwakilan Satradar 222, perwakilan Pengadilan Negeri, Sekdakab Jombang, asisten, staf ahli, kepala OPD. 

Pada upacara kali ini, Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Yulius Sigit Kristanto menjadi inspektur upacara. Selesai melaksanakan upacara, Bupati Jombang dan rombongan menggelar doa dan tabur bunga di makam Bupati Pertama Jombang periode 1910-1930, RAA Soeroadiningrat dan Bupati kedua 1930-1946, RAA Setjoadiningrat.

Kemudian langsung berziarah ke makam KH Wahab Chasbullah di Ponpes Tambakberas, lalu dilanjutkan ke makam KH Hasyim Asy'ari dan putranya KH Wahid Hasyim. Ketiga pahlawan nasional ini sama-sama pejuang di era sebelum hingga sesudah kemerdekaan.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab meminta agar masyarakat kota santri lebih meneladani nilai-nilai perjuangan para pahlawan. 

"Spiritualitas yang tinggi dari para pahlawan diharapkan bisa menjadi cambuk bagi masyarakat saat ini, terutama kalangan muda," ujarnya. 

Mundjidah menandaskan, agar generasi muda Jombang bisa meneladani para pahlawan, maka harus ditanamkan spiritualitas sejak dini. 

"Inilah sebabnya kami ingin mewujudkan Jombang berkarakter yang dilandasi akhlak dan nilai-nilai luhur berdasarkan basis agama," tukasnya. 

Sementara itu, Kajari Jombang Yulius Sigit Kristanto mengatakan, bahwa upacara dan ziarah ke makam pahlawan merupakan bentuk rasa cinta terhadap tanah air. 

"Juga sebagai wujud penghargaan serta penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia," katanya. 

Sigit menerangkan, bahwa peringatan Upacara Hari Pahlawan ini diharapkan mampu memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. 

"Subtansi peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. suf