Bupati Jombang Serahkan Bantuan Alsintan untuk Gapoktan

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab serahkan bantuan Alsintan kepada petani secara simbolis.(SP/hms

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Petani di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menerima bantuan alat meain pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian. Penyerahan bantuan Alsintan di GOR Hasbullah Said Tambakberas, Jombang, Sabtu (29/8/2020).

Dalam penyerahan beberapa bantua. Alsintan tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab dengan didampingi Anggota Komisi IV DPR RI, Emma Ummiyatul Chusna.

Anggota DPR RI dari Komisi IV yang membidangi dalam pertanian, Emma Ummiyatul Chusna mengatakan, akan terus memperjuangkan Kabupaten Jombang, khususnya dalam bidang pertanian.

"Salah satunya dengan memberikan bantuan Alsintan. Tidak bisa dipungkiri, bahwa di era seperti ini jika ingin meningkatkan hasil pertanian harus dengan alat-alat yang modern," katanya.

Emma menyampaikan, kalau di total alat mesin pertanian dari alat mesin pertanian panen dan pasca panen sekitar lebih dari 200 unit. Selajn itu, Ning Emma (panggilan akrab anggota DPR RI ini) juga memberikan bantuan bibit, benih jagung dan pupuk organik.

"Kalau alatnya sudah bagus, bibitnya ada, namun kalau tanahnya tidak dipupuk hasil jelas tidak bisa maksimalkan. Makanya saya juga memberikan bantuan alat pengolahan pupuk organik," tukasnya.

Sementara Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyambut baik atas bantuan yang diberikan kepada para petani Jombang dari Kementan, melalui anggota DPR RI.

"Kabupaten Jombang selama ini merupakan lumbung pangan di Jawa Timur dan Nasional. Prestasi ini harus di pertahankan. Bahkan kalau bisa ditingkatkan. Saya yakin dengan bantuan alat sistem pertanian ini produktifitas para petani di Jombang akan meningkat," ujarnya.

Bupati berharap, alat-alat ini akan membantu para petani dalam hal bercocok tanam, baik sebelum tanam sampai dengan panen. Selain meningkatkan produksi padi dan jagung, Pemkab Jombang juga akan mengembangkan kawasan Kecamatan Wonosalam, Bareng, Ngoro dan Mojowarno.

"Menjadi kawasan yang bisa menghasilkan buah buahan. Kita akan bagikan bibit pisang kepada para petani yang ada di wilayah Jombang selatan, diantaranya Wonosalam, Bareng, Mojowarno dan Ngoro," pungkasnya.

Bantuan yang dibagikan berbagai alat sistem pertanian, yakni berupa satu unit Combine Harvester Besar, empat unit traktor roda 4, lima unit UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik), empat unit traktor roda 2, dan beberapa unit hand sprayer.  suf