Bupati kembali Salurkan Sembako ke PK5

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Jul 2021 18:11 WIB

Bupati kembali Salurkan Sembako ke PK5

i

Bupati saat menyalurkan sembako ke pedagang PK5. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Untuk yang kesekian kalinya bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyebar paket sembako untuk para pedagang kaki lima (PK5) yang terdampak PPKM. Selain menyalurkan sembako, dalam kesempatan itu Bupati juga mensosialisasikan PPKM level 4, Senin (26/7/2021).

Pemberian paket sembako gratis ini seperti disampaikan oleh Pak Yes panggilan akrab bupati Lamongan, sebagai upaya untuk sedikit membantu para pedagang atas kebijakan PPKM Level 4 ini. Karena mereka kembali dibatasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari nya.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Perpanjangan PPKM level 4 ini kata bupati,  bukanlah untuk menutup kegiatan jual-beli, namun untuk mengatur penyesuaian pelaksanaan kegiatan perdagangan dengan lebih baik, dan tidak merugikan masyarakat tentunya.

"Perpanjangan ini justru memperbolehkan bagi para pedagang untuk berdagang, cuma yang diatur adalah jam tutupnya, sekaligus tidak ada cangkrukan, yang beli tidak berlama-lama, ya sekitar 20 menit, itu kan waktu yang cukup. Bukan berarti 20 menit belum selesai terus diberhentikan, diperhitungkan cukup untuk makan tidak ada cangkrukan," jelasnya.

Terkait arahan pemerintah untuk pelaksanaan isolasi terpusat, Pemkab Lamongan tengah mempersiapkannya, mulai di tingkat kabupaten hingga kecamatan. Selain menyalurkan bantuan dan sosialisasi masyarakat, Pak Yes juga melakukan peninjauan Gedung Korpri Lamongan yang disiapkan sebagai salah satu tempat isolasi terpusat. Pak Yes juga mengungkapkan untuk mempermudah pemantauan pasien isolasi mandiri, pemkab juga telah menyediakan konsultasi secara online.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

"Sesuai dengan petunjuk Pak Presiden, bahwa ini disiapkan isolasi terpusat. Kita membuat di seluruh Kecamatan dan untuk di gedung ini kita siapkan 40 ruangan, jadi agar supaya lebih mudah dalam pengawasan dan pemantauannya. Selain itu, juga ada ada Inovasi untuk yang isolasi mandiri dengan membuat grup ICL (Isman Center Lamongan)," tambah Pak Yes.

Beliau, juga berharap pasca PPKM level 4, masyarakat tetap harus melaksanakan protokol kesehatan, tidak boleh lalai. "Pasca tanggal 2 pun terus disosialisasikan kepada masyarakat protokol kesehatan, 5M, 7M, masker, masker, masker," pungkasnya.

Selain itu, Kapolres AKBP Miko Indrayana juga mengatakan bahwa isolasi terpusat ini dimaksudkan agar penanganan covid-19 bagi masyarakat yang melakukan isolasi jadi semakin teratur dan terfokus. Ia juga mengungkapkan sekitar 64 warga masyarakat mendapat sanksi administrasi, dan sekitar 5 ribuan mendapat teguran.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bagikan 6 Ribu Paket Sembako Serentak di 31 Kecamatan

"Teguran tidak memakai masker. Inilah yang di genjot oleh Pak Bupati, pasar-pasar yang ada akan didirikan gerai-gerai master. Masker ini dari pemerintah bagi seluruh masyarakat, ketika tiba di pasar wajib menggunakan masker, gratis," ungkap Kapolres Miko Indrayana. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU