Bupati Lamongan Kunjungi Pasien Rujukan Home Care Service

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 01 Okt 2021 16:14 WIB

Bupati Lamongan Kunjungi Pasien Rujukan Home Care Service

i

Bupati bersama istri saat mengunjungi pasien program HCS di RSUD dr Soegiri. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan seriusi program percepatan penanganan kemiskinan ekstrem 0 persen pada tahun 2024 mendatang, dengan program Home Care Service (HCS). Dan Jumat (1/10/2021) di RSUD dr. Soegiri bupati bersama Ibu Tim Penggerak PKK Anis Yuhronur Efendi mengunjungi langsung pasien yang mendapatkan penanganan medis secara gratis.

Sunari (56) warga Desa Kedungrejo Kecamatan Sukorame yang dirujuk dari puskesmas setempat ke RSUD dr. Soegiri terdiagnosa mengalami Hernia Umbilikalis yakni kondisi dimana bagian usus menonjol keluar dari pusar. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Yanny Khairurahmawati di kesempatan yang sama.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

“Jadi pasien ini mengalami Hernia Umbilikalis oleh karena itu telah dilakukan tindakan medis laparotomi yakni operasi besar perut untuk memperbaiki dan mengembalikan organ ketempat yang seharusnya,” ungkap dr. Yanny Khairurahmawati.

Home Care Service merupakan program unggulan penanganan kemiskinan ekstrem di Lamongan, untuk mendukung target nol persen kemiskinan ekstrem di tahun 2021 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Diharapkan melalui program Home care service ini, mampu mengurangi beban pengeluaran keluarga rawan atau rentan baik kesehatan, maupun sosial ekonomi.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

“Karena di puskesmas tindakan medis tidak bisa dilakukan jadi Bapak Sunari dirujuk ke faskes yang lebih tinggi yakni RSUD dr. Soegiri yang sarana dan prasarana lebih lengkap dan memadai. Alhamdulillah telah terdiagnosis dan telah dilakukan tindakan medis. Tanpa mengeluarkan biaya mulai dari kunjungan yang akan diantar jemput oleh pihak puskesmas maupun tindakan medis dari RSUD. Dr Soegiri itu gratis,” jelas bupati.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui lintas OPD mengembangkan Home Care Service yang awalnya hanya mengcover permasalahan kesehatan masyarakat menjadi mengintervensi di bidang sosial dan ekonomi. Mengintervensi lintas perangkat daerah sesuai dengan kondisi yang dialami warga mulai dari pelayanan kesehatan di rumah, pemenuhan asupan gizi, sanitasi, air bersih, kelayakan rumah tinggal dan akses bantuan sosial. ini merupakan program gropyokan lintas perangkat daerah yang berkesinambungan dan komprehensif. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU