Bupati Lumajang Dampingi Gubernur Khofifah Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Gunung Semeru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Jul 2023 09:45 WIB

Bupati Lumajang Dampingi Gubernur Khofifah Kunjungi Lokasi Terdampak Banjir Gunung Semeru

i

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah saat meninjau lokasi terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah meninjau lokasi terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru di Jembatan Gantung Kaliregoyo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (9/7/2023).

Turut mendampingi kunjungan Gubernur diantaranya, Kapolres Lumajang, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, dan beberapa kepala OPD lainnya.

Baca Juga: Banjir Surut, Jalan Rusak akan Segera Diperbaiki

Dalam kesempatan itu, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur lantaran sudah meninjau langsung lokasi terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

"Kami Kapolres Lumajang, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur sudah memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak," terang Kapolres

Kunjungan pertama dilakukan di tempat pengungsian koban banjir lahar dingin di Balai Desa Jarit dengan menyerahkan sejumlah bantuan paket sembako. Selanjutnya, Gubernur melakukan dialog dengan para masyarakat korban yang terdampak banjir.

Setelah dari balai Desa Jarit, Gubernur Khofifah bertolak ke Jembatan gantung Kali Regoyo dan Jembatan Kloposawit.

Gubernur Khofifah Indar Parawansah mengatakan, perbaikan dua jembatan Kaliregoyo dan Jembatan Kloposawit yang rusak akibat diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Hewan Ternak di Lumajang Divaksin LSD

"Untuk Jembatan Gantung Kaliregoyo dan jembatan Kloposawit juga dicover oleh Pemprov," Kata Khofifah.

Sementara untuk jembatan kecil yang rusak, nantinya akan dikerjakan oleh Pemerintah kabupaten Lumajang.

"Selebihnya dilakukan dari BNPB akan dikerjakan Pemkab, ada beberapa titik jembatan-jembatan kecil yang akan dikerjakan Pemkab," ujarnya.

Menurut Khofifah untuk proses pembangunan jembatan akan segera dilakukan tanpa menunggu masa tanggap darurat bencana selesai.

Baca Juga: Banjir Trosobo Surut, Normalisasi Sungai Buntung Terus Berlanjut

"Jembatan yang rusak masih tersimpan dalam data yang dimiliki oleh Tim PUPR. Jadi tidak menunggu selesainya masa tanggap darurat selesai. Karena pada dasarnya, proses desain jembatan masih ada record-nya di tim PUPR," katanya.

Khofifah menyampaikan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk membenahi akses mobilitas penduduk agar kegiatan ekonominya segera pulih.

"Hal-hal yang berkaitan dengan koneksitas penduduk, mobilitas penduduk, harus segera dibangun rekonstruksinya, jadi tidak perlu menunggu masa tanggap darurat bencana," pungkasnya. lmj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU