Bupati Lumajang Shalat Ied dengan Keluarga dan Staffnya

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjadi imam sekaligus khatib di Pendapa Arya Wiraja Lumajang, Selasa (20/7/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Selama pemberlakuan PPKM Darurat, pemerintah menghimbau warga untuk melaksanakan shalat idul Adha di rumah masing-masing untuk mencegah adanya klaster baru saat shalat berjamaah.

Mematuhi himbauan pemerintah, Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama keluarga dan beberapa stafnya melaksanakan shalat Idul Adha di mushalla Pendapa Arya Wiraja, Selasa (20/7) pagi.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menjadi imam sekaligus khatib Shalat Idul Adha 1442 Hijriah itu.

"Selalu bersyukur dengan kenikmatan sehat dan bisa berkesempatan saling memberi manfaat bagi orang lain," kata Thoriq dalam media sosial pribadinya.

Momentum Shalat Idul Adha 1442 Hijriah dilaksanakan bupati hanya bersama keluarga besar di Pendapa Arya Wiraraja. Dalam unggahannya tersebut terlihat bupati shalat bersama istri, anak, ajudan bupati, dan segenap staf yang berada di lingkungan pendapa setempat.

Hal itu mengacu pada ketentuan PPKM Darurat sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama No.17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.

Cak Thoriq meminta masyarakat bersabar sambil berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan serta berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

Menurutnya, hal yang lebih penting adalah menjaga diri, keluarga dan masyarakat sekitar dari paparan COVID-19 saat pandemi yang berlangsung dua tahun lebih.

"Insya-Allah dengan menjaga diri sekaligus menjaga orang lain adalah cara berkurban yang saat ini bisa kita ikhtiarkan," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lumajang mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan ibadah Shalat Idul Adha di rumah masing-masing sesuai dengan rukun sahnya.