Bupati Malang Optimistis Pandemi Berakhir Desember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Agu 2020 12:09 WIB

Bupati Malang Optimistis Pandemi Berakhir Desember

i

Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Bupati Malang, HM Sanusi optimistis jika akhir tahun 2020 nanti, kasus penularan covid-19 di wilayah kepemimpinannya bisa dituntaskan. ”Di masa pandemi ini, covid-nya harus turun, dan saya targetkan nanti di bulan Desember (2020, red) di Kabupaten Malang sudah tidak ada penambahan (kasus) covid-19 itu,” ungkap Bupati Malang.

Menurut Sanusi, penuntasan kasus covid-19 yang ditargetkan bakal rampung pada bulan Desember 2020 itu, sudah sesuai dengan kesepakatan antara jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dengan Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) yang ada di Kabupaten Malang.

Baca Juga: Stasiun Malang Dipadati Pemudik pada Masa Arus Balik

”Target ini sudah disepakati oleh Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) dan Muspika Kabupaten Malang. Sehingga nanti akan ada penekanan pada Muspika beserta seluruh jajarnnya, untuk mengoptimalkan upaya penekanan covid-19 di wilayahnya,” tegas Sanusi.

”Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kepala Desa agar menjaga desanya dengan cara selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, serta menghindari diri untuk berinteraksi atau kontak langsung dengan orang positif covid-19,” ujar Sanusi.

Namun jika melihat data yang dihimpun Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, target ambisius yang diusung Sanusi tersebut sepertinya bakal sulit realisasi. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang Himbau Warga tak Stok Bahan Pangan Berlebih

”Kalau melihat data yang kami terima, angka penambahan kasus covid-19 dalam setiap bulannya mengalami peningkatan lebih dari 2 kali lipat,” kata Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz.

Ada penambahan pasien positif covid-19 menjadi 32 kasus mulai dari tanggal 1 hingga 30 April 2020. Kemudian, disepanjang bulan Mei kasusnya terus bertambah menjadi 77 kasus, Juni 214, dan di sepanjang bulan Juli total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Malang ada 501 kasus.

Baca Juga: Dua Pelaku Pembunuhan di Pakis Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Malang

”Tren kenaikan kasus covid-19 secara signifikan di Kabupaten Malang, mulai terjadi pada bulan Juni hingga Juli 2020 lalu,” keluh Aniswaty.

Sebagai informasi, hingga Sabtu (22/8/2020) tercatat ada 675 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Malang. Dari jumlah tersebut, 499 pasien diantaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan yang meninggal akibat terpapar covid-19 ada 46 orang jiwa.  Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU