Bupati Maryoto Hadiri Tasyakuran HUT Ke-42 Dekranas

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM saat merayakan HUT Dekranas dengan menggelar bazar di Jalan A. Yani Timur. SP/Istimewa

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun ini berusia 42 tahun. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di Tulungagung tasyakuran hari ulang tahun (HUT) Dekranas yang digelar pada Rabu pagi ini (30/3/2022) kemarin lebih meriah. Yakni dengan menggelar bazar di halaman kantor Dekranasda yang beralamat di jalan A. Yani Timur.

Hadir dalam tasyakuran Dekranasda tersebut, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Ketua DPRD Tulungagung Marsono, Ketua Dekranasda Tulungagung Siyuk Maryoto Birowo, dan Ketua Harian Dekranasda Tri Hariadi. 

Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM menyampaikan bahwa Dekranasda merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina dan fasilitator bagi IKM di Kabupaten Tulungagung, untuk mengembangkan potensi daerah khususnya di bidang kerajinan.

Bahkan peran itu menuntut Dekranasda lebih inovatif dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong serta mengoptimalkan kerajinan lokal di Kabupaten Tulungagung.

“Peran dekranasda sangat penting. Tak hanya sebagai pembina tapi juga fasilitator,” kata Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo. 

Mantan Sekda Pemkab Tulungagung ini, menambahkan sejauh ini perjalanan industri kerajinan di Kabupaten Tulungagung pesat. Namun menurutnya masih perlu untuk meningkatkan produksi, pengelolaan finansial serta pemasaran secara online. Maka dari itu, Dekranasda memberikan ruang bagi perajin untuk menampilkan produk – produk unggulan sekaligus memperkenalkan hasil kerajinan daerah ke masyarakat yang lebih luas. Sehingga penting melakukan sinergi antara OPD dengan Dekranasda, mengingat aspek pembinaan meliputi banyak hal seperti permodalan, teknik produksi, desain, manajemen dan beberapa aspek lain.

“Hal ini tidak dapat dilakukan oleh Dekranasda sendiri, untuk itu saya menghimbau OPD terkait agar memberikan dukungan terkait pembinaan bagi IKM di Kabupaten Tulungagung,” terangnya.

 

Pria nomor satu dilingkup pemkab Tulungagung ini menyebut sekarang ini kementerian Perindustrian mendorong Pemerintah Daerah untuk menerapkan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) guna mendukung perekonomian di daerah. Untuk itu, kedepan pihaknya berharap semoga Dekranasda Tulungagung tetap berkarya, memajukan industri kerajinan, memajukan IKM Tulungagung menghasilkan produk yang berkualitas yang mampu bersaing di pasar regional maupun global yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta menerapkan program P3DN tersebut.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke 42 Dekranas. Semoga tetap berkarya, memajukan industri dan IKM,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung, Ny. Siyuk Maryoto Birowo mengatakan Dekranasda merupakan organisasi yang mempunya visi menjadi lembaga yang handal dalam kemandirian ekonomi. Visi tersebut diwujudkan dalam misi-misi salah satunya meningkatkan daya saing produk lokal berbasis kearifan lokal dengan slera global melalui pengembangan inovasi, kreativitas dan efisiensi.

HUT Dekranas dengan tema “Semangat bertahan perajin berdaya saing” diharapkan Dekranasda mampu membangkitkan para perajin yang sempat terpuruk akibat pandemi untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni meningkatkan kemampuan dan memfasilitasi pemasaran baik offline maupun online serta memberikan akses pemasaran melalui kerjasama dengan marketplace.

“Di ulang tahun ini, kami berharap Dekranas terus meningkat peran dan kontribusi untuk membangun dalam kemandirian dan memiliki program kerja baik agar bisa bersaing di pasar lokal, regional bahkan global,” tandasnya. Can