Bupati Minta Kepala Desa Menang Pilkades Tidak Euforia Berlebihan

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) meminta kades yang menang tidak euforia berlebihan. SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) meminta calon kepala desa yang berhasil memenangkan Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak, untuk tidak euforia berlebihan.

Permintaan tersebut disampaikan Gus Irsyad di hadapan para kades yang memenangkan pemilihan melalui zoom meeting di Kecamatan Pandaan, Senin (28/03)

Menurutnya, kalah dan menang dalam pesta demokrasi adalah sebuah takdir Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus disikapi dengan sewajarnya.

Bagi Irsyad, siapapun yang menang untuk tidak terlalu euforia merayakan kemenangan. Terlebih dengan menggelar pesta mengundang banyak massa, hal tersebut tak diinginkannya.

Selain karena masih dalam situasi pandemi virus corona, Kabupaten Pasuruan juga masih di Level II PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat).

"Sebentar lagi juga Romadhon. Jadi kalaupun menang, silahkan bertasyakkur, tapi tidak berlebihan," katanya.

Sedangkan bagi cakades yang kalah, Gus Irsyad berharap agar tetap berbesar hati dan bisa dipahami sebagai sebuah pilihan terbaik dari Allah SWT.

"Untuk cakades yang kalah tetap berbesar hati dan memahami bahwa ini semua adalah takdir Allah SWT dan menjadi pilihan terbaik," harapnya.

Bupati berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades ini bisa tinggi. Hal tersebut terlihat dari laporan TPS-TPS (tempat pemungutan suara) yang rata-rata menyampaikan prosentase kehadiran di atas 80%.

"Tadi banyak laporan yang masuk, rata-rata di atas 80%. Ya semoga totalnya juga di atas 80%," ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam Pilkades tahun ini, sebanyak185.648 pemilih menggunakan hak pilihnya atau  mencoblos di 417 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 54 desa di 21 kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan untuk calon kepala desa yang bertarung sebanyak 184 orang. Terdiri dari 174 laki-laki dan 10 perempuan.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana menjelaskan, dalam Pilkades tahun ini, sebanyak 185.648 pemilih akan mencoblos di 417 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 54 desa di 21 kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Seperti yang disampaikan Pak Bupati, semuanya harus sukses, lancar, aman dan tidak ada konflik apapun," harapnya. ris