Bupati Mojokerto Serahkan Bansos ke Siswa dan Guru SLB

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Dalam setiap momen bulan suci Ramadhan, sudah menjadi tradisi Pemerintah Kabupaten Mojokerto menggelar sejumlah rangkaian agenda yang dikemas dalam ‘Safari Ramadhan’. Kali ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan bantuan sosial (bansos) kepada siswa berkebutuhan khusus dan guru  sekolah luar biasa (SLB).

Di hari yang sama, Bupati Ikfina mengunjungi dan menyerahkan bansos secara langsung ke dua SLB yang ada di Kabupaten Mojokerto. Tujuan pertama, Bupati Mojokerto mengunjungi SLB Semesta Luar Biasa yang berada di Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko. Sementara kunjungan kedua, yakni di SD Nurul Islam, Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Di SLB Semesta Luar Biasa, Bupati Ikfina memberikan bantuan berupa paket sembako, snack dan uang tunai kepada 55 siswa dan 16 guru. Sementara di SD Nurul Islam, Ikfina menyerahkan bansos dengan paket yang sama kepada 42 siswa kelas inklusi dan 17 guru.

Bupati Ikfina mengatakan, dalam mengembangkan Sekolah Luar Biasa di wilayah Kabupaten Mojokerto, pihaknya meminta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto untuk meninjau ulang aturan yang berlaku.

"Saya sudah meminta Kepala Dinas Pendidikan untuk melakukan mencermati aturan-aturan yang berlaku, karena sejak SMA, SMK, dan SLB masuk dalam kewenangan provinsi, maka urusan ini dibiayai oleh Jawa Timur, maka apakah kabupaten ini secara aturan diperkenankan untuk ikut serta dalam penganggaran," ucapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini berharap, kedepannya dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto maupun dari pihak sekolah luar biasa dapat mengembangkan siswa menjadi siswa yang lebih mandiri meskipun memiliki kebutuhan khusus.

"Bagaimana anak-anak kita ini kelak bisa mandiri, kalaupun tidak bisa, maka kita harus menyiapkan, siapa nanti yang akan menjadi penerus para orang tua untuk menjaga anak-anak. Kita bisa bantu melatih anak-anak untuk mandiri, supaya bisa menjalani kehidupannya, karena kita kelak tidak bisa mendampingi selamanya," ujarnya.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, Bupati Ikfina berharap semua pihak dan semua unsur di Kabupaten Mojokerto turut membantu pemerintah agar Kabupaten Mojokerto segera terbebas dari Covid-19. Dengan terbebasnya Kabupaten Mojokerto dari Covid-19, Ia berharap, tahun depan bisa silaturahmi dengan siswa SLB dengan cara buka puasa bersama.

"Mudah-mudahan tahun depan pandemi Covid-19 sudah berakhir dan berubah menjadi endemi, sehingga nanti kita bisa bersama-sama buka puasa bersama di bulan Ramadhan di pendopo Graha Majatama Kabupaten Mojokerto," pungkasnya. Dwi