Bupati Nganjuk Targetkan Kenaikan Pendapatan Perkapita

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Mei 2023 14:27 WIB

Bupati Nganjuk Targetkan Kenaikan Pendapatan Perkapita

i

Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi saat acara sarasehan bersama serikat pekerja, pengusaha, dan Pemerintah terkait. Foto: Pemkab Lumajang.

SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar sarasehan bersama serikat pekerja Nganjuk di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Kabupaten Nganjuk, Jum’at (5/5/2023).

Kegiatan ini merupakan acara puncak dalam rangkaian peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional. Acara ini digelar sebagai upaya menciptakan kebersamaan dengan buruh, pengusaha, dan Pemkab Nganjuk.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Resmikan Pasar Baru Kertosono Nganjuk

Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengaku optimistis bahwa pengangguran di Nganjuk dapat ditekan lagi dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru.

"Alhamdulillah, Nganjuk pengangguran terbukanya turun meskipun tidak terlalu banyak, dari 4,9 persen menjadi turun 4,3 persen,” kata Marhaen, Jumat (5/5/2023).

Apalagi dengan adanya KEN (Kawasan Ekonomi Nganjuk) dan KING (Kawasan Industri Nganjuk).

“Jangan sampai Nganjuk ada industri, namun penganggurannya bertambah. Maka ide kami membentuk KEN (Kawasan Ekonomi Nganjuk) dan KING (Kawasan Industri Nganjuk) sebagai wujud kehadiran pemerintah menekan pengangguran," ujarnya.

Marhaen mengungkapkan bahwa Nganjuk memiliki lebih banyak daerah pertanian dan mulai merambah ke dunia industri. Meski demikian, sektor pertanian tetap terus dikembangkan.

Baca Juga: Sholawat Kebangsaan bersama Gus Ali dan Mafia Sholawat Nganjuk

“Nganjuk ini memang lebih banyak daerah pertaniannya, tapi sekarang sudah kita mulai geser ke industri namun tetap kami kembangkan pertaniannnya juga,” ungkapnya.

Hal ini disebabkan karena Pendapatan Domestikasi Regional Bruto (PDRB) kurang lebih mencapai Rp 30 trilliun, bahkan lebih. Yang sebagian besar dari sektor pertanian. Sedangkan untuk PDRB per kapita per tahun warga Nganjuk kurang lebih Rp 28 juta lebih.

"Kami targetkan PDRB mencapai Rp 40 trilliun dan pendapatan per kapita Rp 30 juta per tahunnya. Sehingga tahun ini kami berharap per orang rata-rata kontribusi pendapatannya sekitar Rp 3 juta setiap bulan," jelasnya.

Baca Juga: Terima Kasih ke Jokowi, Ratusan Kades Nganjuk Log In Projo

Sementara itu, Kepala Disnaker Nganjuk, Supiyanto menyebut, Hari Buruh Internasional yang bertemakan "Merajut Kebersamaan di Hari yang Fitri" tersebut, diharapkan dapat menciptakan kebersamaan kembali.

Acara sarasehan tersebut diharapkan  dapat menyinergikan antara buruh dengan pemerintah, perusahaan - perusahaan di Kabupaten Nganjuk dan APINDO.

"Ini harapan dari Bapak Bupati Nganjuk, bahwa Nganjuk harus benar-benar kondusif antara pekerja, perusahaan, dan pemerintah sebagai mitra, dan tidak menjatuhkan salah satunya," tuturnya. ngj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU