Bupati Pasuruan Pimpin Forum Konsultasi Publik Rancangan RPD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Jan 2023 15:35 WIB

Bupati Pasuruan Pimpin Forum Konsultasi Publik Rancangan RPD

i

Gus Irsyad Yusuf saat menggelar forum konsultasi publik di Ballroom Taman Dayu Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Forum Konsultasi Publik terkait rancangan pembangunan daerah tahun 2024-2026, Kamis (12/01/2023).

Forum tersebut digelar di Ballroom Taman Dayu dan dibuka secara langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan plus anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) plus seperti Kapolres Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota dan lainnya.

Baca Juga: Dinas PU Bina Marga Pasuruan: 2024 ada Proyek Perbaikan Jalan Rusak

Kepala Bappelitbanda Kabupaten Pasuruan Ikhwan mengatakan, tujuan digelarnya forum konsultasi publik tak lain untuk mendapatkan masukan dan saran dari kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan rencana pembangunan daerah Kabupaten Pasuruan tahun 2024 - 2026.

"Jadi forum ini dilaksanakan sebagai sarana pembahasan rancangan rencana pembangunan daerah Kabupaten Pasuruan tahun 2024 - 2026 bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan di Kabupaten Pasuruan," katanya.

Dijelaskan Ikhwan, forum ini menghadirkan banyak pihak. Mulai dari Pimpinan dan Ketua Komisi di DPRD Kabupaten Pasuruan, Sekda beserta para Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD beserta sekretaris hingga instansi vertikal, organisasi masyarakat, perguruan tinggi dan perusahaan swasta.

"Semua pihak yang sama-sama bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten Pasuruan kami undang. Ormas, dunia akademis sampai perusahaan swasta juga kami ajak untuk sama-sama berembug dalam menyerap seluruh aspirasi masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutannya menegaskan bahwa penyusunan rencana pembangunan daerah harus memperhatikan dan mengacu pada beberapa hal yang tertuang dalam instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 52 tahun 2022.

Baca Juga: Operasi Pasar Murah Efektif Turunkan Harga Bapok

Diantaranya penyelarasan target indikator makro dan program prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2020 ¬ 2024, Kesesuaian sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD kabupaten/kota sampai dengan tahun 2025 serta hasil evaluasi capaian indikator kinerja daerah dalam RPJMD tahun 2018 ¬ 2023.

Tak hanya itu, Gus Irsyad-sapaan akrab Bupati Pasuruan ini juga menjelaskan seputar arah kebijakan di tahun 2024, 2025 dan 2026.

Untuk arah kebijakan tahun 2024 lebih menyasar pada upaya peningkatan pelayanan dasar dan tata kelola pemerintahan dengan proyek strategis seperti penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan prevalensi stunting, penurunan aki-akb dan pembentukan 25 (dua puluh lima) pusat kegiatan belajar masyarakat untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah.

Sedangkan arah kebijakan tahun 2025 lebih pada peningkatan kualitas sdm dan daya saing daerah, dengan proyek strategis seperti rintisan sister colleges, menciptakan 1.000 (seribu) wirausaha muda, sertifikasi halal 10.000 (sepuluh ribu) produk usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Dan untuk arah kebijakan tahun 2026 adalah peningkatan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dengan proyek strategis diantaranya pengembangan kawasan industri di wilayah timur, penataan sumur bor artesis di kawasan DAS rejoso, pembangunan ruang terbuka hijau seluas 10 (sepuluh) hektar.

Kata Gus Irsyad, seluruh proyek tersebut harus bersinergi antar perangkat daerah serta adanya kolaborasi dengan stake holder penta helix.

"Pelaksanaan semua proyek strategis tersebut membutuhkan sinergitas lintas perangkat daerah dan kolaborasi dengan stakeholders penta helix," tutupnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU