Bupati Pasuruan: Tenaga Pendidik Cetak Generasi Unggul

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 03 Jan 2023 15:16 WIB

Bupati Pasuruan: Tenaga Pendidik Cetak Generasi Unggul

i

Gus Irsyad saat memberikan muatan yang seimbang kepada Kepala Sekolah SMA/SMK.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Untuk mencetak generasi unggul, lembaga pendidikan sudah seyogyanya memberikan muatan pendidikan yang seimbang. Baik dari segi ilmu akademik dan maupun nilai-nilai agama.

Disampaikan dalam forum silaturahmi bersama Kepala Sekolah SMA/SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Pasuruan, Bupati Irsyad Yusuf menitipkan beberapa pesan pentingnya perihal pola penerapan sistem pendidikan. Fokusnya lebih kepada transfer IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa) yang harus seimbang kepada anak didik.

Baca Juga: Disnaker Kab Pasuruan Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan bagi Pelajar

"Dengan keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu umum, diharapkan anak-anak dapat memahami bahaya narkoba. Juga bahaya dari paham radikalisme bagi keutuhan NKRI hingga intoleransi," ucap Bupati di Pendopo Pemkab Pasuruan.

Di sisi lain, Kepala Daerah yang hadir bersama Wakil Bupati Mujib Imron meminta kepada seluruh Kepala Sekolah yang hadir agar intens melakukan sosialisasi kepada siswa didiknya tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Terlebih fenomena tersebut sangat berpotensi bahkan marak terjadi di lingkungan sekolah.

"Kita bersilaturahmi dan bertemu disini adalah untuk saling berkoordinasi dan juga bersinergi. Program saya dengan Pak Wakil Bupati seperti Wak Mukidin bertujuan untuk menyeimbangkan antara pendidikan formal dan non-formal. Tujuannya untuk mengatasi radikalisme, mencegah penyalahgunaan narkoba dan mengantisipasi bahaya intoleransi," katanya.

Baca Juga: Personil Polsek Purwosari Pasang Himbauan Mudik Aman 2024

Menurut Bupati, saat ini isu radikalisme memang marak terjadi di beberapa tempat. Kondisi itu juga yang menajdi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik, khususnya Kepala Sekolah.

Sementara itu, masih di acara yang sama, Gus Irsyad sapaan Bupati tersebut menyatakan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus memberikan dukungan penuh kepada SMA/SMK di Kabupaten Pasuruan. Terutama dalam hal praktek pengalaman lapangan. Hal itu juga yang melatarbelakangi diadakannya pertemuan antar Kepala Sekolah dan beberapa Perangkat Daerah terkait.

Baca Juga: Polres Pasuruan Kota Gelar Rapat Lintas Sektoral untuk Persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024

"Saya menghadirkan OPD disini tujuannya agar bisa bersinergi dan juga sesuai dengan bidang yang diharapkan. Misalnya ada SMK yang jurusan pertanian maka ada Dinas Pertanian yang siap membantu," jelas Bupati.

Di akhir arahannya yang disampaikan pada hari Selasa (3/1/2023) malam, Gus Irsyad menyebutkan, diantara bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perhubungan telah menyediakan fasilitas berupa bus sekolah. Di awal pengoperasiannya masih dikhususkan bagi pelajar SMP. Tetapi, kata Bupati, tidak menutup kemungkinan ke depannya juga akan difungsikan untuk bus antar jemput siswa SMA/SMK. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU