Bupati Serahkan Bantuan Bedah Rumah dari Baznas ke 35 Mustahik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 12 Jan 2023 16:26 WIB

Bupati Serahkan Bantuan Bedah Rumah dari Baznas ke 35 Mustahik

i

Bupati berpose bersama dengan jajaran pengurus Baznas dan penerima bantuan bedah rumah. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI, Lamongan - Bupati Yuhronur Efendi berkesempatan menyerahkan bantuan bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada 35 Mustahik, dan diserahkan secara simbolik di Wisata Bukit Telaga dan Gua (Bulaga) Desa Puncakwangi Kecamatan Babat.

Bupati dalam kesempatan itu berharap, bantuan yang diberikan ini dapat meningkatkan derajat kesejahteraan mustahik di Lamongan. "Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan bantuan bedah rumah ini melengkapi berbagai bantuan yang sudah ada. Terima kasih Baznas Lamongan terima kasih Baznas Provinsi Jawa Timur," kata bupati.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Disebutkan olehnya, pendistribusian dana zakat oleh Baznas ini kata bupati, merupakan wujud kepedulian terhadap penanggulangan kemiskinan dan menjaga stabilitas hubungan antara muzaki dengan mustahik yang berada dalam wilayah Lamongan. 

Sementara itu, ketua Baznas Lamongan, Bambang Eko Mulyono menyebutkan, program Baznas Lamongan peduli merupakan program hasil kerjasama antara Baznas Kabupaten Lamongan dengan Baznas provinsi Jawa Timur dimana selama tahun 2021-2022 telah disalurkan kepada 25 mustahik, sementara untuk sisanya diberikan pada tahun ini. 

"Salah satu kegiatan kami yaitu bedah rumah, di awal tahun 2023 ini tinggal menyalurkan 10 unit. Ini merupakan anggaran Tahun 2022," terang Bambang. 

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, bantuan bedah rumah yang berasal dari Baznas memiliki kelebihan karena tidak membutuhkan proses berbelit- belit. Bantuan  ini cukup diberikan atas usulan dari tokoh agama maupun perangkat desa setempat dimana masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 20 juta rupiah tanpa potongan sepeserpun. 

"Setiap mustahik menerima dana Rp 20 juta rupiah, ini diberikan secara cash money diserahkan kepada panitia atau pemerintah desa bahkan yang bersangkutan langsung. Yang terpenting terlaksana dan pembangunan rumah segera jadi," imbuhnya. 

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Selain program bedah rumah, Baznas Lamongan juga memiliki program satu desa tiga mustahik yang sudah selesai Desember 2022. Namun kedepan, lanjut Bambang program tersebut berubah menjadi satu desa lima mustahik. 

"Dengan penambahan ini diharapkan semakin memeratakan kesejahteraan masyarakat sekaligus menyalurkan dana zakat kepada mereka yang berhak menerima," terangnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU