Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Bangun Posko di Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Okt 2022 17:29 WIB

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Bangun Posko di Lokasi Terdampak Angin Puting Beliung

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pasca angin puting beliung menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (23/10/2022) sore. Forkopimda Sidoarjo langsung turun mengecek penanganan wilayah terdampak.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali bersama Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito dan stakeholder terkait, Senin (24/10/2022) meninjau langsung kondisi ratusan rumah-rumah warga terdampak angin puting beliung di Dusun Mlaten, Sidokepung dan Entalsewu, Buduran, Sidoarjo.

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Kedinding Sidoarjo Terima Bansos Beras

Di lokasi terdampak angin puting beliung anggota TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, relawan dan stakeholder terkait melakukan pembersihan puing-puing rumah dan pohon tumbang yang diterjang angin. Serta menyediakan posko tanggap bencana, tempat pengungsian sementara, dapur umum, perbaikan aliran listrik dan sarana prasarana kebutuhan warga.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, saat mengunjungi para warga terdampak bencana di Desa Sidokepung mengungkapkan, bahwa negara melalui Pemkab akan hadir melakukan pendampingan untuk warga.

“Warga saya mohon tetap tenang, dan tabah. Nanti bisa segera melakukan pendataan di Posko yang sudah ada. Dihitung biaya kerusakannya berapa, nanti akan dibantu perbaiki sampai kondisinya jadi layak huni kembali,” ujar Bupati Sidoarjo di lokasi.

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan instansi terkait dilokasi bencana juga sudah melakukan pendataan awal untuk total kerusakan.

Untuk sementara tercatat ada 290 rumah mengalami kerusakan yaitu desa Sidokepung 264 rumah, desa Entalsewu 21 rumah, desa Tanjungsari 2 rumah dan desa Janti 3 rumah.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Bangun Drainase Sepanjang 1 KM di Ruas Jalan Beton Geluran – Suko 

Bencana tersebut turut mengakibatkan empat warga luka. Petugas BPBD Kabupaten Sidoarjo sudah melakukan assessment di lokasi kejadian, berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, dan melakukan pembersihan pohon tumbang karenan menutup akses jalan.

Sementara terkait posko yang sudah didirikan pada Minggu malam, difokuskan terlebih dahulu untuk penerimaan sembako yang nantinya akan diolah langsung oleh bagian dapur umum, untuk disalurkan ke warga. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro di lokasi mengatakan, pihaknya bersama Pemkab Sidoarjo, TNI, Satpol PP, BPBD Sidoarjo dan stakeholder terkait mengupayakan penanganan yang maksimal. “Mulai kemarin sampai hari ini, kita secepatnya bersama warga melakukan pembersihan puing-puing bangunan rumah warga, tempat usaha yang rusak dan pohon tumbang,” ujarnya, Senin (24/10/2022) di Dusun Mlaten, Sidokepung, Buduran.

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Sejumlah personel TNI-Polri juga diturunkan untuk mengamankan wilayah terdampak angin puting beliung. Serta membantu warga melakukan pembersihan dan perbaikan rumah warga. Pada kesempatan ini, Polresta Sidoarjo juga memberikan bantuan paket sembako dan air mineral untuk warga terdampak.

“Semoga situasi segera membaik dan penanganan yang kami lakukan bersama-sama berjalan lancar,” lanjut Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan ratusan bangunan yang terdampak angin kencang tersebut terletak di Desa Sidokepung, Desa Entalsewu Kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, dan Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo. “Kondisi paling parah dampak dari angin puting beliung ada di Dusun Mlaten, Sidokepung, Buduran,” ujarnya. sg

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU