Bupati Sidoarjo Kunjungi Dua Desa Terdampak Angin Puting Beliung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Des 2022 09:50 WIB

Bupati Sidoarjo Kunjungi Dua Desa Terdampak Angin Puting Beliung

i

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat meninjau lokasi desa yang terdampak angin puting beliung, Selasa (6/12/2022). Foto: SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Angin puting beliung menerjang sejumlah rumah di Desa Medaeng dan Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Selasa (6/11/2022) sekitar pukul 13.30 WIB. Angin puting beliung menerjang selama dua menit saat kawasan itu terjadi hujan lebat.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali langsung bergerak menuju lokasi terdampak angin puting beliung. Kedatangan Bupati Muhdlor yang didampingi sejumlah stakeholder terkait dan BPBD Sidoarjo untuk mengetahui kondisi terkini wilayah yang terdampak puting beliung tersebut.

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Kedinding Sidoarjo Terima Bansos Beras

Pemkab Sidoarjo telah melakukan pendataan dan penanganan awal terkait bencana angin puting beliung, sebanyak 126 rumah dari dua desa mengalami rusak dengan kategori ringan, sedang hingga berat.

“Sebanyak 68 rumah di Desa Medaeng dan 58 rumah di Desa Bungurasih mengalami kerusakan. Kerusakan paling fatal kondisinya yang di Desa Bungurasih,” kata Muhdlor.

Puluhan rumah warga dan fasilitas umum (Fasum) di daerah tersebut rata - rata mengalami kerusakan di bagian atapnya. Hal ini karena sebagian besar atap beterbangan diterjang amukan angin kencang itu.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Bangun Drainase Sepanjang 1 KM di Ruas Jalan Beton Geluran – Suko 

Usai bencana alam hujan deras disertai angin kencang itu, personel Satuan Samapta Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil Waru, BPBD Sidoarjo, Satpol PP dan relawan turun ke lokasi kejadian untuk membersihkan puing-puing pohon tumbang dan pembenahan rumah warga yang rusak bagian atapnya itu.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Kasat Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo di lokasi kejadian.

"Memang benar ada beberapa rumah warga dan bangunan di Desa Bungurasih dan Desa Medaeng yang mengalami kerusakan pada bagian atap akibat hujan deras disertai angin kencang Selasa (06/12/2022) sore tadi," jelas Warih.

Baca Juga: Demo Tuntut KPK Putuskan Status Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Selain itu, Warih menjelaskan tidak hanya rumah dan fasum yang atapnya rusak, namun juga banyak pohon tumbang.

"Untuk detail dan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan data ada di pihak pemerintah desa dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sidoarjo. Syukurlah tidak ada korban jiwa dalam kejadian amukan angin kencang ini,"terang Warih.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun total kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU