Bupati Sumenep Achmad Fauzi Minta Data Regsosek Semakin Akurat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Okt 2022 16:28 WIB

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Minta Data Regsosek Semakin Akurat

i

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH saat rapat Koordinasi Daerah pendataan awal registrasi Sosial ekonomi di Hotel De Baghraf Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep – Setelah diminta untuk dilakukannya Data Registrasi sosial ekonomi (Regsosek) Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH. meminta agar data lebih akurat.

Menurut Fauzi, kegiatan ini bisa menghasilkan akurasi data sosial ekonomi yang bisa menjadi acuan dalam merumuskan kebijakan Pemerintahan Kabupaten Sumenep. 

Baca Juga: Dituding Pembelian Tanah di SKB Cacat Hukum, Kabag Hukum Setda Kab Sumenep Angkat Bicara

“Kita melakukannya, semata-mata demi kesejahteraan masyarakat Sumenep,” ujarnya saat memberikan sambutan di Hotel De Baghraf beberapa hari kemarin.

Dikatakan bupati, pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Baca Juga: Pembelian Tanah di SKB Cacat Hukum, Pemkab Sumenep Diduga Rugi Rp 7 Miliyar Lebih

“Jadi data Regsosek ini nantinya, akan menjadi data induk yang akan dipakai oleh lintas lembaga sebagai penggunaan data yang konsisten. Data ini terhubung langsung dengan data induk kependudukan sampai tingkat desa,” terangnya.

Ia juga menjelaskan tentang fungsi data ini adalah untuk memastikan program pemerintah tepat sasaran untuk mewujudkan satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. 

Baca Juga: Terkait 600 Sertifikat yang Terblokir, Pemkab Sumenep akan Bersikap Kooperatif Terhadap Perkara Hukumnya

“Misal saat pemerintah akan menyalurkan bantuan perlindungan sosial seperti BLT, PKH, Bansos, subsidi listrik, subsidi BBM dan lain-lain,” urainya.

Selain itu juga bupati menghimbau agar seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  baik camat dan seluruh kepala desa (Kades) di Sumenep untuk meningkatkan intervensi program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. “Agar semakin tepat sasaran,” pungkasnya. AR

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU