Bupati Tulungagung Beri Bantuan dan Bebaskan Biaya Pengobatan Korban Longsor di Pagerwojo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Nov 2022 19:48 WIB

Bupati Tulungagung Beri Bantuan dan Bebaskan Biaya Pengobatan Korban Longsor di Pagerwojo

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung membebaskan biaya pengobatan bagi para korban bencana tanah longsor di Pagerwojo, yang kini masih menjalani perawatan di Puskesmas setempat maupun di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Maryoto Birowo saat meninjau pasien korban bencana tanah longsor di Puskesmas Pagerwojo, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Dalam kunjungannya, Bupati Maryoto mengatakan ada dua hal yang perlu segera ditangani. Pertama upaya yang dilakukan saat ini masih fokus kepada pengobatan para korban tanah longsor yang kini masih menjalani perawatan medis. Kedua soal tempat tinggal para korban.

"Yang terpenting kita obati dulu para korban. Dan kami bantu bebaskan biaya pengobatannya, baik yang di puskesmas maupun di RSUD dr Iskak Tulungagung," ungkapnya.

"Sementara untuk tempat tinggal masih kita pertimbangkan mana yang terbaik. Jika di lokasi ini bahaya ya kita lakukan relokasi," imbuhnya.

Selain meninjau lokasi longsor, Bupati Maryoto juga memberikan santunan kepada para korban. Baik uang tunai maupun sembako.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Karyono Segera Salurkan Bantuan 1.000 Baja Ringan ke Pulau Bawean

"Nanti dalam penanganan di lapangan bisa dilakukan oleh kepala desa, terkait bantuan yang diserahkan kepada pihak keluarga," ujar Maryoto Birowo.

Sebelumnya hujan deras dengan intensitas yang tinggi melanda Kecamatan Pagerwojo pada Senin (14/11/2022) kemarin sekitar pukul 11.30 WIB hingga sore.

Akibat hujan deras tersebut sekitar pukul 15.30 WIB, terjadilah tanah longsor yang menimpa rumah Kaniman (54) warga Dusun Kebonsari RT/RW: 5/1 Desa/Kecamatan Pagerwojo.

Dari kejadian tersebut 8 orang mengalami luka dan harus menjalani perawatan medis di Puskesmas maupun di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Baca Juga: Pasukan Tambahan Dikirim Bantu Penanganan Bencana di Bawean

Adapun para korban tanah longsor yang mengalami luka dan kini masih dirawat di Puskesmas Pagerwojo yaitu Kaniman (54) warga Dusun Kebonsari RT/RW: 5/1 Desa/Kecamatan Pagerwojo, Siar (58) warga Desa Penjor, Siti (55) warga Desa Penjor, Sukatin (58) warga Desa Pagerwojo, Arjuna Albi (6,5) anak dari Tri Lestari warga Desa Pagerwojo dan Rustiani (48) warga Desa Pagerwojo.

Kemudian Aqila (3,5) warga Desa Penjor, mengalami trauma pyskis dan sempat dirawat di Puskesmas Pagerwojo.

Sedangkan Suminem (58) warga Desa Pagerwojo mengalami patah kaki kanan dan tangan kanan karena tertimpa batu dan kayu, sehingga harus menjalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung. Can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU