Bupati Tulungagung Targetkan Desanya Lolos Lomba Pembinaan PKK Tingkat Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Mei 2023 08:30 WIB

Bupati Tulungagung Targetkan Desanya Lolos Lomba Pembinaan PKK Tingkat Nasional

i

Bupati Maryoto Birowo, Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Siyuk Maryoto Birowo, dan tim penilai lomba Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana tingkat Provinsi Jatim. SP/ Can

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo berharap salah satu desanya di Kabupaten Tulungagung bisa juara dalam lomba Pembinaan Terpadu PKK Sehat Lestari Berencana tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut ditargetkan Bupati Tulungagung bisa menyabet juara pertama dalam lomba kali ini. Tidak tanggung-tanggung, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dikerahkan untuk melakukan pembinaan. Termasuk sarana prasarana yang dibutuhkan juga difasilitasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung.

Baca Juga: Dua OPD Pemkot Mojokerto Bakal Ganti Nama Tahun Depan

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, apabila Desa Sumberejo Kulon bisa menjadi juara pertama di tingkatan Provinsi Jatim, maka terbuka kemungkinan untuk maju ke tingkat nasional yang mewakili Provinsi Jatim. 

Tulungagung memiliki sejarah yang bagus dengan lomba desa, karena yang dilaksanakan sebelum-sebelumnya kerap menjadi langganan maju ke tingkat nasional.

“Di sini (Desa Sumberejo Kulon, Red) BUMDesnya bagus, stunting-nya bagus, pertaniannya bagus. Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberejo Kulon juga didukung oleh seluruh kepala desa di Kecamatan Ngunut. Saya optimis, karena pemaparannya tadi juga bagus,” jelasnya, Kamis (11/5/2023) kemarin.

Dia mengatakan, penunjukan Desa Sumberejo Kulon untuk mewakili Tulungagung dalam program Pembinaan PKK Sehat Lestari Berencana, tidak lepas dari komitmen yang kuat dari pemdes dan tim penggerak PKK desa setempat untuk pelaksanaan program tersebut. 

Baca Juga: Bupati Tulungagung Terima Penghargaan Sebagai Pembina Koperasi Andalan di Hari Koperasi ke 76

Hal itu dibuktikan dengan dibentuknya kebijakan di tingkat desa untuk mendukung pelaksanaan kegiatan terkait posyandu, pembangunan keluarga, kependudukan, dan perencanaan keluarga.

“Juga didorong oleh komitmen dari kepala desa untuk mengalokasikan dana desa (DD) serta menggandeng masyarakat dan dunia usaha. Termasuk BUMDes untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan program penurunan stunting di desa ini,” jelas Maryoto.

Tahun 2022 lalu, BUMDes Sumber Mulyo milik Desa Sumberejo Kulon juga menjadi juara satu lomba BUMDes se-Provinsi Jatim. Dengan demikian, bukti nyata keberadaan BUMDes dapat mengangkat perekonomian masyarakat serta berperan aktif dalam upaya penurunan stunting. 

“Selain itu, cukup banyak inovasi pembinaan Posyandu Bangga Kencana di Desa Sumberejo Kulon yang telah berkontribusi dalam penurunan stunting,” ujarnya.

Baca Juga: Lepas Keberangkatan 1.170 Jamaah Calon Haji 2023, Bupati Tulungagung: Semoga Menjadi Haji Mabrur

Ke depan Pemkab Tulungagung berkomitmen untuk terus mendorong revitalisasi posyandu termasuk peningkatan strata posyandu balita menuju strata mandiri. Itu menjadi langkah tepat dalam percepatan penurunan stunting di Tulungagung hingga menjadi zero stunting atau zero malnutrisi. 

“Ada 14 posyandu yang berstrata mandiri, salah satunya posyandu di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut ini,” tandasnya. can

 

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU