Bupati Yes Dorong Desa Tlemang Jadi Desa Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jan 2022 18:54 WIB

Bupati Yes Dorong Desa Tlemang Jadi Desa Wisata

i

Bupati saat mengunjungi Desa Tlemang saat menggelar acara sedekah bumi. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang Lamongan punya sejarah yang melegenda hingga saat ini, yakni ruwatan Mendak Sanggring peninggalan leluhur yang sejak seribu tahun yang lalu selalu diacarakan.

Karena punya sejarah yang terus dilestarikan sampai ini, bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendorong agar Desa ini menjadi Desa Wisata, agar harmoni balutan musik karawitan semakin bisa dikenal oleh masyarakat.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

"Ini potensi luar biasa di Desa ini, sehingga cukup layak desa ini kita dorong untuk menjadi desa wisata," kata bupati saat melakukan prosesi Sedekah Bumi Mendak Sanggring Ki Buyut Terik, Minggu (2/1/2021).

Mendak Sanggring sendiri merupakan ritual adat masyarakat Desa Tlemang sebagai bentuk tradisi peringatan tahunan atas diwisudanya Ki Buyut Terik oleh Sunan Giri keempat sebagai pemimpin di Desa Tlemang. Pada saat itu, prosesnya dilaksanakan pada setiap tanggal 24 hingga 27 Jumadil Awal Tahun Hijriah. Wujud peringatan tersebut, yakni dengan disajikannya makanan khas Sangring, yang berisi ayam dan kuah. Keunikannya, semua yang memasak harus laki-laki. 

Secara turun temurun, ritual adat ini setiap tahunnya diperingati oleh masyarakat Desa Tlemang bertepatan dengan upacara sedekah bumi sebagai rasa syukur setelah panen raya. Masyarakat pun sangat antusias dan semakin semangat untuk melestarikannya setelah mendapat pengakuan secara nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional.

Bupati Yes dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dengan diakuinya budaya Mendak Sanggring sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional, akan terus mendorong pelestariannya dengan menjadikan Desa Tlemang menjadi Desa Wisata.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

“Saya harap budaya ini untuk terus dilestarikan dan dipertahankan, budaya ini sebagai peringatan atas dilantiknya Ki Buyut Terik yang waktu itu dilantik oleh Sunan Praben atau Sunan Giri keempat. Selain itu tradisi ini juga menandakan bahwa Desa Tlemang ini kaya akan budaya. Sehingga Kedepan, kami sepakat untuk menjadikan Desa Tlemang menjadi desa wisata. Termasuk pembangunan sirkuit motocross,” tutur Bupati Yes.

 

Dengan dijadikannya desa wisata, Bupati Yes berharap berharap pendapatan masyarakat akan semakin meningkat, sehingga kesejahteraan masyarakat tercukupi.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Hal senada turut diungkapkan Kades Desa Tlemang Aris Pramono, pihaknya berkeinginan untuk menjadikan desanya menjadi desa agrowisata dan wisata religi. Hal ini terlihat dari potensi geografis Desa Tlemang yang memiliki kesuburan tanah sehingga berpotensi sebagai agrowisata.

“Saya mohon dukungan dari Pak Bupati untuk membantu kami dalam mewujudkan Desa Tlemang ini menjadi desa wisata. Potensi geografis ini sangat cocok untuk agrowisata. Kedepan mohon dukungannya juga untuk membantu percepatan realisasi motocross. Dengan semua itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU