Cabor Angkat Besi Siap Hadapi Puslatda Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Agu 2022 11:24 WIB

Cabor Angkat Besi Siap Hadapi Puslatda Jatim

i

Logo Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI)

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Persiapan jelang pemusatan latihan daerah (Puslatda) Jawa Timur proyeksi PON Aceh-Sumut dilakukan dengan pemanggilan seluruh cabor untuk mengetahui kesiapan mereka. Setelah melalui proses tersebut, cabor angkat besi menunjukkan kesiapannya dalam menjalani tahapan yang ditentukan KONI Jatim.

Ketua Pengprov Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Jeffry Tagore menuturkan, cabor angkat besi siap memenuhi tahapan yang diminta KONI Jatim, mulai dari verifikasi pelatih,  hingga penentuan nama-nama atlet yang ia rekomendasikan untuk masuk Puslatda.

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

“KONI Jatim menginginkan pelatih yang tersertifikasi, memiliki kualifikasi tinggi dan kemampuan serta rekam jejak yang bagus. Kami sudah punya nama pelatihnya. Nanti biar KONI yang menentukan pelatih itu layak atau tidak melalui tes yang mereka lakukan. Tapi kami yakin, pelatih yang kami rekomendasikan bukan pelatih kaleng-kaleng,” katanya.

Selain pelatih, atlet-atlet yang berpotensi meraih medali di setiap kelas yang akan mereka ikuti juga telah disiapkan.

Jeffry meyakini kemampuan para lifter yang mereka siapkan layak untuk masuk Puslatda.

“Ini bahannya bagus. Jadi kami optimistis mereka bakal masuk Puslatda KONI Jatim,” pungkas Jeffry.

Kelima nama atlet yang telah disiapkan Jeffry untuk Puslatda KONI Jatim antara lain juara dunia di kelas 49 kg, Luluk Diana, Acedia Jagaddhita (59/64 kg), Eko Yuli Irawan (61 kg), Maria Claudia (64/71 kg), dan Iqbal Tawakkal (85 kg),

Pengprov PABSI saat ini telah memanggil kelima atletnya itu agar melakukan persiapan lebih awal untuk menghadapi tes yang akan digelar KONI Jatim pada September pertengahan nanti. Para atlet diminta untuk menjalani latihan di masing-masing daerahnya.

Baca Juga: DPRD Sampang Kesengsem Prestasi KONI

“Per 1 September nanti sudah sentralisasi di Surabaya. Kami geber latihan terpusat agar kondisi mereka sudah bagus saat masuk Puslatda. Setidaknya, kondisi mereka sudah 80 persen kalau masuk Puslatda. Sehingga tidak dimulai dari nol,” tutur Jeffry.

Jeffry juga menambahkan, latihan terpusat yang mereka gelar menjelang Puslatda ini juga untuk persiapan Kejurnas yang rencananya akan digelar pada November atau Desember 2022 mendatang.

“Yang kami tahu ada Kejurnas di akhir tahun ini. Tapi November atau Desember belum ada kepastian dari PB PABSI,” pungkas Jeffry.

Sebanyak 20 nomor rencananya akan dilombakan pada Kejurnas mendatang dimana sebelumnya hanya 14 nomor yang ikut serta.          

Baca Juga: Atlet Asal Bondowoso Meninggal saat Berlaga, Cabor Tinju Dihentikan

“Pada PON nanti, selain nomornya bertambah, pesaing kita bagus-bagus. Khusus di kelasnya Eko Yuli, banyak pesaingnya yang bagus-bagus. Kemampuan juniornya Eko sudah mulai merangkak naik. Di kelas 61 kg, ada Rico dari Papua. Sementara di kelas 67 ada M. Yasin,” terangnya.

Pengprov PABSI menargetkan dapat membawa pulang empat emas sehingga pihaknya akan terus menggencarkan persiapan atletnya selama Puslatda.

“Kami optimistis bisa dapat 4 emas di PON Aceh-Sumut 2024 nanti,” tutup Jeffry. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU