Cak Imin Janjikan Akan Menekan Kenaikan Cukai Rokok Agar Buruh Kerja Linting Lebih Sejahtera

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Okt 2023 16:15 WIB

Cak Imin Janjikan Akan Menekan Kenaikan Cukai Rokok Agar Buruh Kerja Linting Lebih Sejahtera

i

Bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di depan buruh rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) PR. IndoKretek, Sidorejo, Malang, Jawa Timur, Senin (30/10/2023).

 

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin. Menyampaikan bahwa ia akan berupaya untuk menekan kenaikan cukai rokok agar buruh yang bekerja melinting rokok bisa lebih sejahtera. Hal ini disampaikannya didepan buruh rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) PR. IndoKretek, Siderejo Malang, Jawa Timur.

Baca Juga: Waspada Maling Suara Lur! Kentongan Bisa Jadi Senjata

"Dengan demikian saya pulang dari sini akan berusaha supaya cukai tidak munggah-munggah (naik-naik) lagi. Aamiin," kata Cak Imin, Senin (30/10/2023).

Cak Imin yakin, salah satu upaya itu akan membuat industri rokok kretek tradisional tidak tergusur oleh industri lain yang memanfaatkan mesin.

Sebab, menurutnya, ada tangan-tangan pekerja yang berupaya mendapatkan penghasilan demi keluarga di rumah. 

"Menyangkut cukai ini, nanti kita berikhtiar berusaha untuk berkembangnya SKT di Indonesia bertahan, tidak tergusur oleh industri kimia-kimia, apalagi perusahaan global yang akan semakin memojokkan industri lokal seperti industri IndoKretek," kata Cak Imin. 

Pada kesempatan yang sama, ia juga meminta dukungan agar perjuangannya yang tengah mencalonkan diri sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bersama Anies Baswedan berjalan lancar. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun memohon doa kepada para pekerja industri rokok kretek yang dia kunjungi. 

Baca Juga: Gus Imin Bakal Alihkan Aggaran Food Estate Rp 2 Triliun untuk Ketersediaan Pupuk Petani

"Saya mohon doanya supaya perjuangan saya lancar. Dan saya ingin menambahkan perkenalan saya, saya Insya Allah pemilu 2024 saya nyalon (jadi wakil) presiden. Saya sama Mas Anies Baswedan," jelas Cak Imin.

Sebagai informasi, pemerintah menaikkan cukai rokok atau Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar 10 persen pada tahun 2023 dan tahun 2024. 

Pada akhir 2022 lalu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sempat mengatakan bahwa terjadi kenaikan tarif CHT untuk beberapa golongan. Seperti tarif CHT untuk sigaret kretek mesin (SKM) I dan II yang mengalami peningkatan sebesar 11,5 sampai 11,75 persen. 

Adapun tarif CHT untuk sigaret putih mesin (SPM) I dan II juga mengalami kenaikan sebesar 11 sampai 12 persen dan sigaret kretek pangan (SKP) I, II, dan III sebesar lima persen. 

Baca Juga: Cak Imin dan Tom Lembong Tantang Balik Luhut dan Bahlil: Positif Bagi Publik, Kita Adu Data

Kenaikan cukai ini kerap menuai protes dari industri dan pekerja industri rokok. Tetapi, pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk menaikkan cukai rokok, salah satunya untuk mengendalikan produksi dan konsumsi rokok.

Sri Mulyani berharap keterjangkauan masyarakat membeli rokok menjadi menurun. Sebab, rokok menjadi pengeluaran kedua terbesar setelah beras dari kelompok rumah tangga miskin. 

Pemerintah mengaku telah mempertimbangkan beberapa aspek sebelum menaikkan cukai, termasuk industri rokok hingga tenaga kerja pertanian. 
Hal lain yang menjadi perhatian pemerintah adalah target penurunan prevalensi perokok anak yang usianya masih 10 sampai 18 tahun menjadi 8,7 persen sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. ac

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU