Cak Ji: Masifnya Tracing Berperan Tangani Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Jul 2021 12:30 WIB

Cak Ji: Masifnya Tracing Berperan Tangani Covid-19

i

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (Cak Ji)  . SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (Cak Ji)  mengatakan masifnya Testing dan Tracing di Kota Surabaya berperan besar terhadap penanganan Covid-19. Menurutnya kecepatan Tracing menjadi kunci penanganan warga yang positif Covid-19.

"Selain petugas di tingkat kelurahan, satgas Kampung Tangguh yang ada di setiap RW juga berperan aktif melakukan Tracing karena ini semua kerja bersama" Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Senin (26/7).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Berdasarkan laporan dinas kesehatan pada Minggu (25/7) , Angka kesembuhan pasien yang terpapar COVID-19 di Kota Surabaya, menembus 1.658 orang per hari.Jumlah ini dua kali lipat dari kasus baru  Covid-19 sebesar 713 kasus. Tingginya tingkat kesembuhan tersebut mengakibatkan kasus aktif berkurang sebanyak 972 menjadi 10.550 warga dalam perawatan.

Cak Ji menjelaskan bahwa capaian angka kesembuhan yang tinggi turut memacu semangat segenap petugas yang berjibaku menekan angka Infeksi COVID-19 dan juga meningkatkan optimisme warga Surabaya agar semakin banyak yang sembuh.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

"Optimistis dan kedisiplinan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Harus disiplin mematuhi protokol kesehatan dan juga optimistis bahwa terinfeksi COVID-19 itu kemungkinan sembuhnya besar," katanya.

Ia menyebutkan bahwa akurasi tracing berpengaruh untuk memastikan warga yang positif COVID-19 bisa di petakan yakni untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) diimbau melakukan isolasi mandiri di rumah, sedangkan yang gejala ringan dan sedang disiapkan dua rumah sakit darurat di Lapangan Tembak dan Gelora Bung Tomo.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Berbagai upaya Pemkot Surabaya untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan di antaranya mengoperasikan 63 puskesmas selama 24 jam, menyiapkan rumah sehat di masing-masing kelurahan serta optimalisasi layanan rumah sakit darurat di Lapangan Tembak dan Gelora Bung Tomo.

"Kami bersama wali kota berusaha sekuat tenaga untuk menjaga kondisi yang membaik ini agar lebih baik lagi. Kalau bisa angka infeksi harian melandai dan kesembuhan meningkat," ujar Cak Ji.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU