Calon Sekda Gresik Mengerucut Tiga Nama, Edy dan Najikh Terpental

Abu Hassan (kiri), Ahmad Washil Muftahul Rahman (tengah) dan Budi Raharja (kanan)

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Tahapan seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah  (sekda) Gresik berakhir dengan keluarnya tiga nama yang lolos. Mereka adalah Abu Hassan, Ahmad Washil Miftahul Rahman dan Budi Raharja.

Sementara dua nama yang sebelumnya disebut-sebut bakal menjadi calon kuat sekda justru tumbang di tahap akhir seleksi. Keduanya adalah Mukh Najikh, kepala dinas lingkungan hidup, dan Edy Hadi Siswoyo, kepala inspektorat.

Ketiga calon kandidat yang lolos diumumkan panitia seleksi sekda melalui surat Nomor 03/PANSEL/2021 tertanggal 20 September 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Gresik Adi Yumanto menyampaikan jika panitia seleksi sudah mengumumkan tiga besar nama calon sekda. "Ya betul sudah diumumkan, bahkan sudah kami umumkan di website BKD," katanya, Senin (20/9/2021).

Adi menyampaikan, tahapan selanjutnya adalah pansel akan menyampaikan hasil seleksi kepada Bupati Fandi Akhmad Yani. Selanjutnya, bupati akan mengusulkan penetapan sekda ke KASN dan Gubernur Jatim.

"Besok hasilnya akan disampaikan kepada bupati, kemudian keesokan harinya bupati mengusulkan penetapan sekda ke KASN dan Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa," tambahnya.

 

Profil Tiga Sosok Calon Sekda Gresik

Abu Hassan merupakan pejabat senior Pemkab Gresik yang sudah berpengalaman. Saat ini, Hassan menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah.

Sebelumnya, pria murah senyum ini juga pernah menduduki Kepala Dinas Satpol PP serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Mohon doanya, dan supportnya," ungkapnya singkat. Saat memimpin di dua OPD tersebut, Hassan memiliki banyak terobosan dan inovasi.

Kemudian, pejabat lain yang lolos tiga besar calon sekda adalah Achmad Washil Miftahul Rahman. Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Washil ini menduduki Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP). Dia pun bersyukur bisa sampai di tahap akhir lelang sekda. 

"Alhamdulillah. Tinggal menunggu pengumuman saja," katanya.

Washil menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah program sesuai visi misi Bupati dan Wabup jika ditunjuk sebagai Sekda Gresik. 

"Kalau didapuk jadi sekda, baru program yang perlu disiapkan akan diinfokan," terangnya. 

Selanjutnya, nama terakhir yang lolos adalah Budi Raharjo. Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja. Budi, sebelumnya lama memimpin Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Budi tidak mau berkomentar banyak soal dirinya masuk tiga besar Sekda Gresik. Namun dia bersyukur bisa sampai di tahap akhir seleksi. Saat ini, dirinya lebih memilih fokus bekerja memimpin Dinas Tenaga Kerja.