Camat Dasuk Sumenep Dukung Program Bupati, Perbaiki Sistem Perekonomian Desa Lewat Bumdes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 18 Okt 2022 16:20 WIB

Camat Dasuk Sumenep Dukung Program Bupati, Perbaiki Sistem Perekonomian Desa Lewat Bumdes

i

Camat Dasuk Kab. Sumenep, Drs. Wismadi Laksono, AMP. MH saat dikunjungi di ruang kerjanya di Kecamatan Dasuk Kab. Sumenep. SP/Ainur Rahman

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Camat Dasuk, Drs. Wismadi Laksono AMP. MH, tengah bersosialisasi dengan masyarakat banyak khususnya di Kecamatan Dasuk Kab. Sumenep.

"Alhamdulillah sejak menjabat Camat Dasuk, program kegiatan semakin padat, karena hampir setiap hari bersosialisasi dengan kepala desa dan masyarakat banyak," ujarnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau ASN Tiadakan Bukber

“Di Kec. Dasuk ada 15 desa, dan Alhamdulillah semua desa bisa bersinergi dengan kecamatan, dalam setiap kegiatan dan program,” katanya kepada Surabaya Pagi

Mantan Sekretaris di Dinas UMKM dan Koperasi Kab. Sumenep itu menjelaskan, program kegiatan di desa yang melibatkan masyarakat banyak, salah satunya kemarin menggelar kegiatan HUT RI ke 77 dan meramaikannya dengan beraneka ragam kegiatan.

"Dalam rangkaian kegiatan 17 Agustus kemarin, kita menggelar aneka ragam lomba untuk merayakan HUT RI Ke 77 salah satunya adalah lomba tarik tambang bagi kaum Ibu-ibu, dan acara puncaknya dihadiri oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi SH, MH," ujarnya.

Setelah itu, Kecamatan Dasuk menggelar hari jadi Kab. Sumenep yang ke 753 dengan menggelar berbagai kegiatan.

"Kita menggelar kegiatan yang terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan juga pemerintahan di tingkat Desa, salah satu kegiatan, Kecamatan Dasuk menggelar acara, Hari ulang tahun TNI ke 77," tegasnya.

Selain itu juga, kegiatan sosial kemasyarakatan, menjadi pemicu agar kita bisa berbaur dengan masyarakat banyak. Jadi, TNI melakukan jurus jitu untuk bersama rakyat dan menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga: Penguatan CBT dan Digital Promotion, Empat Desa Wisata di Jatim Terima Bantuan dari KIP Foundation dan Sampoerna

Kegiatan lainnya, kata Camat Dasuk, pihaknya juga menggelar kegiatan rekreatif bersama, menggelar acara senam antisioprosis yakni senam kebugaran untuk para Ibu-ibu dan lansia yang bertempat di dekat pantai Slopeng sambil menikmati suasana pantai.

"Artinya, dalam setiap bulan ada agenda rutin kegiatan yang sengaja di programkan bersama, namun setiap hari besar dan momen Nasional kita pun juga merayakannya," ungkapnya

Dikatakan Camat, pihaknya akan terus berinovatif dalam bekerja, sesuai dengan instruksi Bupati Sumenep, jadi mendukung kegiatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan kita sering melakukan sosialisasi program.

"Di 15 Desa di Kecamatan Dasuk, kita tekan, agar masyarakat mendirikan Usaha Kegiatan Mikro (UKM)  yang nantinya dapat dikelola oleh Bumdes di desa tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Dituding Pembelian Tanah di SKB Cacat Hukum, Kabag Hukum Setda Kab Sumenep Angkat Bicara

Ia menambahkan, salah satu produk unggulan desa Dasuk itu camilan Jambu Mete, dan beberapa khas kuliner lainnya, "Nanti, kita bantu promosikan lewat UKM agar produk lokal bisa bersaing ke tingkat Nasional," imbuhnya.

Beberapa program kegiatan lainnya, adalah penyatuan program pemerintah kabupaten dengan pemerintahan desa, dalam upaya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat luas.

"Jadi, kita selaku pemerintah di Kecamatan Dasuk Kab. Sumenep, terus melakukan monitoring ke tingkat desa, agar dapat mengetahui desa maju dan desa berkembang, sesuai dengan Instruksi Bupati Sumenep," pungkasnya. AR

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU