Capaian Vaksinasi Covid-19 di Jatim Sudah 17 Juta Dosis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Sep 2021 13:23 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Jatim Sudah 17 Juta Dosis

i

Jumlah total capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah mencapai 17.471.879 dosis.SP/FJR

SURABAYAPAGI, Surabaya - Berdasarkan Dashboard Kemenkes/KCPEN per 10 September 2021, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berhasil mencapai angka vaksinasi cukup siginifikan. Keberhasilan ini karena jumlah total capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah mencapai 17.471.879 dosis.

"Jumlah ini terdiri dari capaian dosis pertama mencapai 11.244.023 orang dan dosis kedua mencapai 6.227.856 orang," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Minggu (12/09). 

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Menurut Khofifah, capaian ini sejalan dengan langkah Pemprov Jatim bersama Forkopimda dan seluruh pihak dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya, untuk vaksinasi ini memang dibutuhkan kerja sama yang kuat lintas sektor dan elemen masyarakat."Hampir semua elemen digerakkan baik swasta maupun pemerintah sendiri," ujar dia.

Sementara itu, Jawa Timur bebas dari level 4 dan zona merah. Berdasarkan asesmen situasi covid-19 dari Kemenkes RI, per 9 September 2021 yang dirilis pada 10 September 2021, tiga kabupaten/kota di Jawa Timur masuk pada level 1 yaitu Lamongan, Tuban, dan Pasuruan.

Kondisi ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dalam asesmentyang dilakukan oleh Kemenkes RI per 8 September 2021 dari 1 kabupaten menjadi 3 kabupaten.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

Sedangkan untuk level 2 terdapat 19 kabupaten/kota antara lain Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kediri, Jombang, Jember, Gresik, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih atas gerak cepat dan sinergi dari semua pihak yang ikut mencegah penyebaran covid-19 di Jatim.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Tak hanya Pemprov, tetapi Forkopimda Jatim, Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/ Kota, tenaga kesehatan (nakes), serta semua elemen masyarakat se-Jatim yang saling bersinergi dan menjaga kekompakan dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran covid-19.

"Alhamdulillah hari ini sudah ada 3 kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 1. Data ini berasal dari asesmen situasi  ovid-19 yang dirilis Kemenkes RI per Jum'at 10 September 2021," jelasnya.sb5/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU