Capaian Vaksinasi di Situbondo sudah 50 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 18 Okt 2021 16:32 WIB

Capaian Vaksinasi di Situbondo sudah 50 Persen

i

Vaksinasi di situbondo yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Hingga minggu (17/10) kemarin, capaian vaksinasi di Situbondo sudah menembus 50 persen dari target sasaran sebanyak 548.304 orang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Dwi Herman Susilo menyatakana bahwa capaian 50 persen vaksinasi merupakan kerja keras semua pihak.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

“Ini upaya semua pihak, mulai tingkat desa hingga kecmaatan, termasuk koramil, polsek, puskesmas, kodim 0823, polres dan juga komunitas Jihad Melawan Covid-19 (JMC), dan relawan lainnya,” katanya di Situbondo Senin (18/10).

Baca Juga: Remaja di Situbondo Jadi Korban Ledakan Mercon, Racik Sendiri dari Tutorial Youtube

Dwi optimistis dalam waktu yang tidak terlalu lama capaian vaksinasi bisa tembus 70 persen. Menurut dia, sejak hampir dua bulan terakhir animo masyarakat untuk vaksinasi cukup tinggi.

"Masyarakat sudah sadar jika vaksin penting untuk kekebalan tubuh. Sehingga animo masyarakat sangat bagus. Tapi, alokasi vaksinnya yang masih terbatas," tuturnya.

Selama ini, lanjut dia, persediaan vaksin masih sangat terbatas, dan per hari hanya mampu mengakomodasi 5 hingga 10 ribu dosis.

"Padahal, dalam sehari warga yang mendaftar untuk divaksin mencapai sekitar 20 ribu orang. Stok vaksin terbatas. Per hari hanya 5 ribu, terkadang bisa sampai 10 ribu," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam jangka waktu dua minggu ke depan capaian vaksinasi ditargetkan bisa mencapai 70 persen. Terlebih pekan ini akan ada vaksinasi massal yang akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Vaksin Sinovac lebih diminati oleh masyarakat Situbondo, dibandingkan dengan jenis lainnya seperti astrazeneca. Ini menjadi salah satu alasan ketersediaan vaksin sinovac menipis. Permintaan masyarakat cenderung menggunakan sinovac," paparnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU