Cara Memperlancar Haid Secara Alami dan Menyehatkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jul 2021 14:45 WIB

Cara Memperlancar Haid Secara Alami dan Menyehatkan

i

Seorang wanita yang sedang kesakitan karena sedang haid. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Umumnya banyak wanita sudah tahu kalau siklus menstruasi berkisar 21 hingga 35 hari. Namun, rasanya hanya sebagian wanita yang tahu cara mempercepat datang bulan atau haid.

Cara memperlancar haid dapat dengan mengonsumsi makanan tertentu. Diketahui, ada berbagai hal yang dapat membuat seorang perempuan telat mendapatkan haid atau menstruasi.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Menurut ahli nutrisi klinis dari Fortis La Famme, dr. LovneetBatra, bagi kebanyakan perempuan saat haid terkadang terasa menyakitkan. Perut rasanya kram dan tubuh jadi lemas.

"Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor yakni ketidakseimbangan hormon, gaya hidup, stres ataupun makanan," kata dr. LovneetBatra.

LovneetBatra menuturkan, cara memperlancar haid salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu melancarkan haid, salah satunya kunyit.

"Kunyit berfungsi membantu meringankan masalah haid, meningkatkan produksi estrogen dan mengurangi kadar progesteron, yang membantu meningkatkan haid yang lebih mudah dan teratur," terang dr. LovneetBatra.

Selain itu, beberapa obat-obatan bisa membantu untuk mempercepat datangnya haid. Contohnya pil KB atau suntik KB. Selain mampu meringankan kram dan nyeri saat haid, obat KB dapat memperpendek durasi menstruasi tiap bulannya.

Hal yang mesti digarisbawahi, penggunaan obat-obatan (kontrasepsi hormonal) ini harus berdasarkan resep dokter.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Vitamin C diduga mampu menginduksi menstruasi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi perdarahan dan mempercepat haid. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang bisa diandalkan untuk mendukung klaim ini. Meski begitu, vitamin C diduga mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron.

Nah, kondisi di atas bisa membuat peluruhan lapisan rahim lebih cepat. Hasilnya, bisa mempersingkat masa menstruasi atau mempercepat datangnya haid. Untuk mencoba metode ini simpel kok. Konsumsilah makanan atau buah-buahan yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C.

Otak terdiri dari beberapa bagian, salah satunya adalah hypothalamus. Bagian pada otak ini sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Oleh karena itu, ketika kamu mengalami stres maka akan memberikan dampak pada kelancaran haid.

Tak hanya itu, hormon yang tidak stabil atau tidak seimbang dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerja sama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila salah satu komponen tersebut bermasalah, maka jadwal haid akan terganggu.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini, ada cara melancarkan haid secara alami yang bisa kamu coba agar kembali lancar. Cara melancarkan haid ini berguna bagi kamu yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih. Dsy15

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU