Cara Mengatasi Mata Lelah dan Kering saat Belajar Daring

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 10:11 WIB

Cara Mengatasi Mata Lelah dan Kering saat Belajar Daring

i

Mata terlihat lelah akibat sering menatap laptop karena daring. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Untuk menyikapi adanya pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan berbagai aturan, salah satunya adalah dilakukannya pembelajaran dan rapat secara daring/online. Di dalam pelaksanaannya, pembelajaran dan rapat secara daring ini memerlukan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dan lain-lain untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun

Dengan adanya sistem pembelajaran daring, mau tidak mau kita harus menatap layar laptop/smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Jika mata kita menatap layar laptop/smartphone secara terus menerus maka dapat terjadi masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome. Masalah ini ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye/mata kering dan eyestrain/mata tegang/lelah.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Menurut dokter spesialis mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Tri Winarti, Sp.M., membagikan sejumlah tips yang dapat dilakukan agar kesehatan mata tetap bisa terjaga selama melakukan pembelajaran secara virtual. Salah satunya dengan menerapkan metode 20-20-20.

Metode ini, dijelaskan Tri Winarti berupa setiap 20 menit mengalihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Dengan cara ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada mata karena menatap layar.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

“Jadi, setiap 20 menit melihat layar, pandangan mata dialihkan melihat objek sejauh 20 kaki selama 20 detik untuk relaksasi mata. Buat remainder seperti catatan yang ditempel di komputer atau alarm agar tidak lupa mengimplementasikannya,” terangnya, Jumat (16/7/2021).

Selain itu, juga disarankan tidur yang cukup 6 sampai 8 jam sehari. Kurang tidur inilah salah satu yang bisa menyebabkan mata kering.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kompres memakai air hangat diyakini dapat mengobati mata kering karena disfungsi kelenjar meibom (MGD) yang merupakan penyebab utama kondisi mata kering.

Minum banyak air sangat baik untuk mata dan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, banyak minum dapat membantu melumasi mata serta membuatnya tetap lembap sehingga membantu produksi lebih banyak air mata. Dsy7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU