Cari Ikan, Jaring Nelayan Lamongan Tersangkut Bangkai Pesawat Perang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Mei 2023 17:16 WIB

Cari Ikan, Jaring Nelayan Lamongan Tersangkut Bangkai Pesawat Perang

i

Beginilah kondisi bangkai pesawat yang berhasil dibawa ke bibir pantai, usai nyangkut ke jaring milik nelayan Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Nelayan Lamongan dihebohkan dengan penemuan pesawat yang nyangkut salah satu jaring milik nelayan di Desa Weru, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan yang hendak mencari ikan di perairan Pantai Utara (Pantura).

Kini pesawat yang sudah tidak berbentuk itu, tengah berada di tepi pantai desa setempat, dan menjadi tontonan warga yang ingin melihat dari dekat pesawat yang diduga jatuh di laut saat perang dunia kedua. 

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Kapolsek Paciran Iptu Achmad Purnomo Selasa (23/5/2023) menyebutkan, penemuan bangkai pesawat ini berawal, kala itu nelayan setempat Miftah (54) warga Desa Weru RT.001 RW.003 tengah mencari ikan di laut.

Seperti biasanya, sekitar pukul 14.00 WIB, jaring yang biasanya dipakai untuk mencari ikan di laut itu, ditebarkan oleh Miftah. Sambil menunggu beberapa menit kemudian, jaring itu ditarik kembali yang bersangkutan, dengan harapan bisa mendapatkan ikan.

Namun alangkah kagetnya, jaring yang sedang ditarik kembali dari dalam laut itu terasa cukup berat. Miftah yang saat itu bersama teman-temanya menaruh curiga, dan empat dari orang itu mulai Miftah, Amim, Khowim dan Yusuf ada yang menyelam kedalam melihat dari dekat keadaan jaringnya.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Saat menyelam ke dalam itu, Miftah dan teman-temanya kaget kalau jaring itu nyangkut di salah satu bangkai pesawat. "Saat dilihat ke dalam ternyata jaringnya nyangkut ke bangkai body pesawat," kata Iptu Purnomo panggilan akrab Kapolsek Paciran.

Usai melihat jaring tersangkut bangkai pesawat, Miftah bersama tiga saksi yang juga warga setempat berinisiatif untuk membawa bangkai itu ke daratan dengan menariknya dengan tampar. Alhasil bangkai pesawat itu bisa sampai ke permukaan laut dan sampai ke bibir pantai.

"Melihat dari struktur badanya, ini kelihatan pesawat perang hasil perang  dunia ke dua  yang jatuh ke laut, untuk kepastiannya kita menunggu observasi dari dinas dan pihak -pihak yang berkompeten," terangnya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 

Saat ini lanjutnya, bangkai pesawat itu masih ada di bibir pantai, tidak sedikit warga berbondong-bondong melihat dari dekat bangkai pesawat perang itu ke lokasi. "Masih di bibir pantai di desa Weru, dan menjadi tontonan warga," ungkapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU