Cari Produk Hukum Lamongan, Masyarakat Tinggal Buka Aplikasi SiOPPAH

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Mar 2021 16:34 WIB

Cari Produk Hukum Lamongan, Masyarakat Tinggal Buka Aplikasi SiOPPAH

i

Bupati saat meluncurkan Aplikasi SiOPPAH (Sistem Online Pengajuan dan Pemantauan Produk Hukum) Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Satu lagi inovasi teknologi dihasilkan oleh Pemkab Lamongan. Masyarakat yang ingin mengetahui hasil produk hukum Peraturan Daerah (Perda) dan sejenisnya cukup membuka aplikasi SiOPPAH (Sistem Online Pengajuan dan Pemantauan Produk Hukum).

Layanan berbasis Android ini secara resmi dilaunching oleh bupati Yuhronur Efendi, Kamis (18/3/2021) di Pendopo Lokatantra, dan bupati ingin memastikan pelayanan publik via digitalisasi dapat dijalankan secara efektif di Lamongan.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Dalam sambutannya bupati yang biasa dipanggil akrab YES ini meminta Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk lebih mengefektifkan penggunaan aplikasi dalam digitalisasi pelayanan publik.

YES berharap dengan diluncurkannya SiOPPAH dibawah naungan Bagian Hukum Pemkab Lamongan ini dapat mempermudah dalam memberikan pelayanan terkait produk hukum. 

"Aplikasi ini bagus sekali jika benar-benar dapat diefektifkan dan dimanfaatkan dengan baik. Karena ribuan produk hukum yang tiap tahunnya dikeluarkan dapat lebih transparan prosesnya. Bagian yang ingin mengetahui progres pembuatan SK atau Perbup yang diajukan juga bisa lebih mudah," ujar YES.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Bupati YES mengungkapkan bahwa aplikasi yang dimiliki OPD Lamongan dapat mencapai ratusan, namun tidak sampai 50 persen aplikasi ini bisa dijalankan secara efektif. Oleh karena itu, menurut YES perlu adanya evaluasi untuk memantapkan kembali aplikasi yang dimiliki OPD.

"Momen ini saya minta kepada seluruh OPD untuk meninjau kembali aplikasi-aplikasi serta media sosial yang dimiliki. Apakah berjalan efektif atau tidak, apakah sudah benar-benar memberikan informasi dan keterbukaan untuk publik. Jika tidak jalan lebih baik dirampingkan saja," tambah YES.

Baca Juga: Kini, Kabag Keuangan Lamongan Diperiksa KPK

YES menambahkan, bahwasanya Ia masih mempersiapkan untuk mengefektifkan dan memilah penggunaan aplikasi di Lamongan, aplikasi mana yang dianggap memberikan manfaat besar bagi kinerja pemerintahan.

"Kita masih mempersiapkan untuk melaunching aplikasi yang sifatnya ini seperti call center yang memberikan ruang bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan. Sehingga nantinya, interaksi antara pemerintah dengan masyarakat pun bisa terpaut dengan baik. Jadi ada fasilitasi untuk masyarakat," imbuh Bupati YES. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU