Cawabup Taufiqulbar Pimpin Doa Ziarah Makam Pahlawan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 10 Nov 2020 15:00 WIB

Cawabup Taufiqulbar Pimpin Doa Ziarah Makam Pahlawan

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Moment hari Pahlawan 10 November dilakukan Pasangan Cabup dan Cawabup Sidoarjo, Bambang Haryo Soekartono (BHS)-Taufiqulbar dengn ziarah makam Pahlawan TMP Kusuma Bangsa Sidoarjo, Selasa (10/11/2020).

Cabup BHS akan menambah lahan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Sidoarjo. Hal ini lantaran kapasitas TMP Sidoarjo berjumlah 1.600 petak makam, kini tinggal 600 petak makam. Padahal, saat ini masih ada sekitar 1.300 pejuang kemerdekaan dan pahlawan pembela kemerdekaan di Sidoarjo.

Hal inilah yang mendorong BHS menyiapkan lahan untuk menghargai jasa para pejuang dan para pahlawan kemerdekaan itu. "Apabila saya diamanahi sebagai Bupati Sidoarjo, saya akan usahakan lahan baru untuk menampung kekurangan lahan makam ini," ujar Cabup BHS saat berziarah doa bersama dan tabur bunga peringatan Hari Pahlawan di TMP Kusuma Bangsa, Sidoarjo, Selasa (10/11/2020).

Cabup BHS bersama Cawabup Taufiqulbar dan para veteran serta anak yatim menggelar ziarah ke makam para pahlawan dan pejuang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. "Ziarah makam para pahlawan ini bagian dari upaya untuk tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan harga demi kemerdekaan bangsa Indonesia," imbuhnya.

Dalam kegiatan ziarah ini, diawali upacara penghormatan kepada para Pahlawan, dilanjutkan doa bersama yang dipimpin langsung Cawabup Taufiqulbar secara khusuk dan khidmat. Selanjutnya dilakukan tabur bunga ke pusara makam pahlawan.

Meski saat ini masih di masa pandemi, BHS berharap masyarakat bisa memperingati Hari Pahlawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Yakni mulai dari mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (fisik). "Pandemi tidak boleh menyurutkan langkah untuk memperingati Hari Pahlawan. Mulai daerah, propinsi hingga nasional harus memperingati dengan khusuk karena berkat perjuangan para pahlawan negara kita bisa merdeka dan mengisinya dengan pembangunan dan mensejahterahkan rakyat," tegasnya.

Menurut Cawabup Taufiqulbar, ziarah ke makam pahlawan adalah kegiatan paling efektif untuk mengenang jasa pahlawan. Makanya, jika terpilih jadi bupati dan wakil bupati, kami akan membuat program ziarah untuk para siswa hingga mahasiswa.

"Kalau kami diamanahi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, kami akan mewujudkan gagasan ini. Termasuk mengajak pelajar SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi untuk rutin ziarah ke TMP. Masyarakat juga menyempatkan diri mengenang jasa para pahlawan hingga sekarang kita bisa merasakan suasana hidup merdeka, agar generasi penerus kita tidak lupa terhadap jasa pahlawan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa pahlawannya," tambah Cawabup Taufiqulbar. sg

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU