CBN Gelar Sosialisasi IdREN Bagi Perguruan Tinggi di Jawa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Nov 2022 13:15 WIB

CBN Gelar Sosialisasi IdREN Bagi Perguruan Tinggi di Jawa

i

Sosialisasi IdREN dan Training Implementasi BGP di Perguruan Tinggi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - PT Cyberindo Aditama (CBN), salah satu pelopor internet service provider di Indonesia bersama dengan IdREN dan Cisco Networking Academy menggelar serangkaian sosialisasi Indonesia Research and Education Networks (IdREN) dan pelatihan interkoneksi BGP Network bagi 100 staff IT perguruan tinggi di seluruh pulau Jawa.

Kegiatan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan bidang network para IT staff di perguruan tinggi dalam mendukung pemanfaatan jaringan IdREN ini  dipusatkan di Harris Hotel Ciumbuleuit Bandung (7 November 2022), Best Western Papilio Hotel Surabaya (9 November 2022), dan Horison Ultima Hotel Semarang (11 November). Selanjutnya, program ini juga akan digelar di daerah-daerah lain pada tahun 2023 mendatang.

Jejaring Riset dan Edukasi Indonesia (IdREN) adalah infrastruktur jaringan khusus yang menghubungkan institusi dan komunitas riset dan pendidikan di Indonesia. Jaringan ini didedikasikan untuk konektivitas komunikasi data yang diperlukan untuk memungkinkan komunitas para peneliti, akademisi dan pengembang

Direktur CBN Dani Sumarsono mengatakan bahwa kehadiran IdREN merupakan suatu inisiatif yang luar biasa dari Kemeristekdikti, dimana sejalan dengan visi CBN Education Program. Ia juga menyebutkan jika saat ini CBN sudah terkoneksi dengan IdREN secara nasional.

“Kami telah membangun 3 links antar gates IdREN sebesar 1Gbps di Institut Teknologi Bandung (ITB)-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ITS-Universitas Brawijaya (UB), dan UB-ITB,” kata Dani.

CBN Education Program yaitu program kerja sama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para mahasiswa yang terdiri dari program pengembangan SDM melalui program kerja praktik/magang,  program pelaksanaan kegiatan event pendidikan (seminar, kuliah umum, kuliah tamu dan workshop), program rekrutmen di kampus atau job fair serta program pengembangan riset dan pengembangan bisnis dalam bidang teknologi informasi.

Saat ini, CBN Education Program telah bermitra dengan 145 Perguruan Tinggi di Indonesia dan melaksanakan berbagai program yang bekerjasama dengan institusi pendidikan dan pemerintahan seperti program riset dan pemograman IP Weather, industrial visit, penyesuaian kurikulum pendidikan tinggi, dan lain sebagainya.

“Ke depannya, CBN bekerjasama dengan FiberStar siap mendukung dengan menambah hingga 5 (lima) links antar gates IdREN di seluruh Indonesia, sehingga mempermudah perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi jejaring riset, berbagi pengetahuan, keterampilan, dan keahlian, kontribusi pengembangan IPTEK, pertukaran sumber daya informasi dan komunitas, ekspos keahlian serta pemanfaatan aplikasi bersama dalam komunitas dan pendidikan,” ujar Dani.

Sebagai informasi, IdREN merupakan jaringan pembelajaran dan riset yang menghubungkan perguruan tinggi di Indonesia melalui sistem intranet menggunakan Virtual Private Network (VPN) yang terkoneksi dengan jaringan Research and Education Network (REN) di tingkat global. Melalui jaringan ini, Kemenristekdikti ingin menghubungkan 4.700 perguruan tinggi di Indonesia untuk saling bertukar informasi seputar materi pembelajaran, riset, hingga kolaborasi antar akademis.

Ketua IdREN Dr. Ir. Achmad Affandi, DEA memberikan sambutan positif mengenai inisiatif diselenggarakan CBN tersebut. Menurutnya, dukungan perusahaan telekomunikasi dibutuhkan dalam pemanfaatan platform jejaring tersebut.

“Kesuksesan program ini tak lepas dari dukungan perusahaan seperti CBN untuk mengelola aktivitas serta mensosialisasikan akan manfaat dari IdREn kepada penggiat perguruan tinggi di Indonesia, sehingga tercapai peningkatan daya saing nasional di kancah global,” tuturnya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU