Cegah Banjir, Dinas SDA dan Bina Marga Surabaya Akan Bangun Saluran Pembuangan di Wiyung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Feb 2022 13:09 WIB

Cegah Banjir, Dinas SDA dan Bina Marga Surabaya Akan Bangun Saluran Pembuangan di Wiyung

i

Walikota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau banjir di Jalan Raya Menganti Wiyung, Kota Surabaya, Senin (21/2/2022) malam. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya telah merencanakan pembangunan saluran pembuangan atau crossing yang mengarah ke Sungai Kali Makmur.

Perencanaan pembangunan ini bertujuan untuk mencegah banjir susulan di kawasan Wiyung. Sebelumnya, pada Senin (21/02/2022) kemarin, banjir setinggi pusar orang dewasa menerjang kawasan Wiyung sejak sore hingga malam.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony Ajak Warga Budayakan Tidak Buang Sampah di Saluran Air

"Kami akan membuat pelaluan air karena posisi tempat penampungan air saluran Wiyung lebih rendah dibanding dengan tingginya jalan raya," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Lilik Arijanto, Selasa (22/02/2022).

Selain pembangunan saluran pembuangan atau crossing yang menuju Sungai Kali Makmur, pihaknya juga akan melakukan pengangkatan sedimentasi yang menghalangi jalannya arus air.

"Juga harus ada tambahan lokasi lagi (saluran pembuangan).Termasuk juga ada pelebaran dan pendalaman termasuk," katanya.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Diketahui, hujan deras yang mengguyur Kota Surabaya sejak Senin (21/2) sore hingga malam akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Bahkan beberapa Kawasan di wilayah Wiyung ikut terendam banjir. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sempat keliling ke sejumlah kawasan di Surabaya untuk mengecek genangan tersebut. Eri didampingi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan, dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya.

Eri sempat melakukan pengecekan banjir di Jalan Raya Menganti Wiyung. Ia mendapat informasi ada genangan yang lumayan tinggi di atas mata kaki dan itu membuat macet di kawasan tersebut. 

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Sesampainya di lokasi, Eri membuat dua arah yakni jalan yang banjir ditutup dan dioper ke satu sisi yakni jalan yang tepat di depan basecamp PMKP Surabaya. 

Pada sisi lainnya, yakni yang mengalami kenaikan air, ia langsung meminta Dinas PMKP untuk melakukan pemompaan dan penyedotan air. Hasilnya, dalam kurun waktu dua jam, air tersebut surut dan tak menggenangi jalan lagi. (Sem)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU