Cegah Corona, Kemenkes Gelar Kampanye Disiplinkan Pakai Masker

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 31 Agu 2020 10:36 WIB

Cegah Corona, Kemenkes Gelar Kampanye Disiplinkan Pakai Masker

i

Kemenkes menggelar Kampanye Pakai Masker untuk mengingatkan masyarakat agar berdisiplin menerapkan protokol kesehatan, Minggu (30/8). SP/ CNN

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan menggelar Kampanye Pakai Masker untuk mengingatkan masyarakat agar berdisiplin menerapkan protokol kesehatan yang paling mendasar, yaitu memakai masker, di Gelora Bung Karno, Minggu (30/8).

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, kampanye berjalan mulai 10 Agustus sampai 6 September. Ia menjelaskan upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, mencakup memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Baca Juga: Covid-19 di Indonesia Naik, Ayo Masker Lagi

"Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet atau cairan tubuh yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin, di mana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda atau permukaan atau tangan," kata Oscar dalam rilis tertulis.

Pemakaian masker, kata Oscar, menjadi sangat penting terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan dengan orang lain di tempat umum seperti di pasar dan stasiun, serta di transportasi umum.

"Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut," ujar Oscar.

Setelah Kampanye Pakai Masker, Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun akan digelar sebagai lanjutan pada 7 September-6 Oktober, sementara Kampanye Jaga Jarak dijadwalkan pada 7 Oktober-6 November. Pesan yang sama bakal terus digaungkan hingga akhir tahun. Kampanye juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan provinsi, UPT Kemenkes, serta Poltekkes di seluruh Indonesia.

Sejak tanggal 25 sampai 30 Agustus, Oscar menyebut pihaknya tekah membagikan 1 juta masker di sejumlah lokasi.

Baca Juga: Pasca Wamenkumham, Ada Menteri era Jokowi, Dicokot KPK

"Hari ini berjumlah lebih dari 40 ribu masker dari Kementerian Kesehatan dan Kemenko Perekonomian dibagikan ke peserta yang ada di GBK dan masyarakat yang ada di sekitar GBK," kata Oscar.

Selain Kementerian Kesehatan, kampanye juga dihadiri oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang merupakan bagian dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selain itu, para atlet nasional turut mendukung kegiatan ini, seperti Faisal Julius Ahmad, Agsa Aswar, pelatih jet ski Fully Aswar, juga Tim Komunikasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang diwakili oleh Reisa Broto Asmoro.

Baca Juga: Viral di Medsos: Program Vaksin HPV Bikin Wanita Mandul, Fakta atau Hoax?

"Diharapkan kampanye ini ke depannya dapat mempererat kerja sama dengan kementerian/lembaga serta BUMN, swasta, organisasi masyarakat, organisasi pendidikan dan unsur masyarakat lainnya, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang paham dan bisa berperilaku sehat mencegah Covid-19," ungkap Oscar.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masyarakat Indonesia kini diharuskan beradaptasi dengan tatanan hidup baru. Situasi pandemi sendiri diprediksi akan berlangsung lama, terlebih jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Cepat atau lambatnya persebaran virus ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk mematuhi dan menegakkan disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Oscar.  dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU