Cegah Kerusakan Jalan, Pemkot Kediri Gunakan Metode Slurry Seal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Nov 2022 14:26 WIB

Cegah Kerusakan Jalan, Pemkot Kediri Gunakan Metode Slurry Seal

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Lapisan aspal jalan di sejumlah titik Kota Kediri, mulai aus. Karenanya, sejak beberapa hari terakhir Dinas PUPR Kota Kediri melakukan pemeliharaan rutin dengan metode slurry seal.

Perbaikan dilakukan dengan melapisi permukaan aspal dengan aspal baru. Supaya, saat hujan turun belakangan terkahir tidak ada air yang masuk lewat pori-pori aspal yang pecah. Senin (21/11/2022) siang, sejumlah pekerja terlihat memperbaiki titik jalan di Kota Kediri.

Baca Juga: Relawan Suket Teki Nusantara Tasyakuran Kemenangan Prabowo - Gibran di Kediri

Perbaikan dilakukan siang hari, metode slurry seal membutuhkan cuaca panas langsung sinar matahari. Supaya lapisan aspal cepat kering dan melekat ke aspal yang aus. Lapisan itu menggunakan bubur aspal dengan ketebalan sekitar 8 milimeter. Aspal yang sudah aus langsung tertutup dan bagus kembali.

Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Endang Kartikasari mengatakan, sebelum memasuki musim hujan, pihaknya sudah mengebut perbaikan dan pemeliharaan jalan di Kota Kediri. Harapannya supaya aspal jalan tidak sampai terjadi rusak parah.

Baca Juga: Dorong Investasi dan Kepatuhan Pelaku Usaha, DPMPTSP Kota Kediri Gencar Lakukan Pengawasan

“Tidak bisa ditentukan berapa panjang pemeliharaan dengan teknologi slurry seal. Karena pengerjaan itu spot-spot. Tergantung kondisi aspal yang sudah aus dan perlu diperbaiki dengan teknologi slurry seal itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, aktivitas perbaikan itu merupakan pemeliharaan rutin jalan secara preventif. Tujuannya, mencegah air masuk ke lapisan di bawahnya dan membuat jalan lebih awet.

Baca Juga: Atur Jadwal OPD Jadi Lebih Mudah, Dinas Kominfo Kota Kediri Gagas Aplikasi Kalender

“Penggunaannya pun cepat serta ramah lingkungan. Dengan kondisi cuaca yang mendukung, metode ini cukup cepat. Hanya memakan waktu sebentar,” bebernya. can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU