Cek Kelangkaan Minyak Goreng Jepang Ramadhan, KPPU Jatim Gelar Sidak di Pasar Wonokromo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Jan 2023 21:50 WIB

Cek Kelangkaan Minyak Goreng Jepang Ramadhan, KPPU Jatim Gelar Sidak di Pasar Wonokromo

SurabayaPagi, Surabaya - Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Kanwil IV KPPU) bersama Satgas Pangan Jatim; Dirkrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman, Kadivre Bulog Jatim, beserta Sekda Kota Surabaya, PD Pasar Surya dan stakeholder lainnya meninjau lapangan bahan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya.

"Ada dua agenda dalam kunjungan pasar kali ini, dimana memastikan isu mengenai kelangkaan minyak goreng pada persiapan menjelang bulan puasa dan operasi stabilisasi harga pada persiapan ramadhan 2023 mendatang," ujar Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy Rakhmad Sutrisno. Senin, (30/1/2023).

Menurutnya, harga minyak goreng di Pasar Wonokromo dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter. Fakta diluaran, masih banyak pedagang diluaran yang masih menjual minyak goreng dikisaran harga Rp. 15.000 sampai 16.000, bahkan ada yang Rp. 17.000, tergantung pembelian.

"Kita memantau langsung 2 minggu terakhir ini, pasokan minyak curah kita mulai menurun, pedagang kesulitan untuk menjual. Kami akan terus lakukan pengawasan terkait kebijakan market obligation. KPPU akan memanggil Kementerian terkait untuk menjelaskan kondisi minyak kita yang akan didistribusikan ke pasar," tambahnya.

Dirkrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman menambahkan, pengecekan harga akan kebutuhan pokok masih mengalami fluktuatif. Angara lain bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit. Untuk cabe rawit dan telur harganya mengalami penurunan.

"Kita pastikan akan menindak tegas memberikan saksi bagi pelanggar yang sudah jauh-jauh hari dimana jika masih ditemukannya pelanggaran harga bahan pokok. Proses perdagangan seperti ini, bisa menjadi pidana," tutup Farman.

Satgas Pangan Jatim mengimbau akan kenaikan harga di atas HET tidak boleh dilakukan kembali. Ke depannya akan berkoordinasi dengan produsen, distributor dan menjelaskan perihal ketersediaan minyak goreng.

Dendy kanwil KPPU IV menambahkan, bahwa bawang putih dan bawang merah harganya masih melonjak naik, tergantung akan bagaimana sistematis impor dan cuaca. Selanjutnya KPPU akan membantu pedagang dalam mengantisipasi lonjakan harga. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU