Cetak Gol Fantastis Satu-satunya di Menit Akhir Babak Pertama

Thorgan Hazard. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Belgia berhasil mengalahkan Portugal pada laga 16 besar Euro 2020 yang digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Minggu (27/6/2021) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. De Roten Teufel (The Red Devils), julukan timnas Belgia, menaklukan Portugal dengan skor 1-0.

Gol kemenangan tersebut tak lepas dari konstribusi apik, Thorgan Hazard yang menjadi bintang lewat satu-satunya gol yang ia ciptakan di laga kali ini. Gol tersebut ia ciptakan di menit-menit akhir babak pertama.

Gines Melendez selakku pengamat teknis UEFA menilai sang pemain tampil dengan sangat baik di lapangan. Thorgan Hazard bahkan tak jarang membantu lini pertahanan ketika dibutuhkan, pemain Borussia Dortmund itu layak mendapat Star of the Match bukan cuma karena gol yang ia buat.

"Dia bekerja sempurna dalam fase menyerang maupun bertahan. Dia juga mencetak gol fantastis," kata Melendez, Senin (28/6/2021).

Usai pertandingan, Thorgand Hazard pun menceritakan rasa bangganya bisa menjadi pahlawan kemenangan Timnas Belgia pada laga sulit di babak 16 besar Euro 2020.

"Dalam tipe pertandibgan seperti ini, Anda harus memanfaatkan peluang yang Anda miliki. Saya senang karena bisa mencetak gol untuk negara saya," kata pemain berusia 28 tahun itu.

Tak hanya mencetak gol, Thorgan Hazard juga berperan penting dalam beberapa peluang yang dimiliki Timnas Belgia pada laga kali ini.

Melalui skema serangan balik, Thorgan Hazard melakukan pergerakan tanpa bola ke sisi tengah lapangan. Thomas Munier yang melihatnya, langsung memberikan umpan kepada Thorgan Hazard.

Tanpa pikir panjang, pemain 28 tahun itu langsung melepaskan tembakan keras dengan kaki kananya dari luar kotak penalti. Kiper Portugal, Rui Patricio yang tak menyangka bola bakal langsung dieksekusi cukup terkejut hingga gagal menghalaunya.

Thorgan Hazard bermain sebagai winger kiri di pertandingan ini dan dia menyuguhkan performa luar biasa. Dia jadi salah satu pemain paling merepotkan saat Belgia menyerang dan bisa membantu pertahanan ketika dibutuhkan.

Thorgan Hazard membuat total 2 tembakan, 62 sentuhan, 83% umpan sukses, 1 umpan kunci, dan 5 tekel sukses. Performa kompletnya mendapatkan ganjaran rating 8,2 versi Whoscored.

Gol Thorgan Hazard juga membuktikan efektivitas Belgia, mengingat Portugal sebenarnya lebih dominan mengepung pertahanan mereka pada laga babak 16 besar Euro 2020 ini. Dsy14