Cetak Rekor Inggris Jadi Kiper Terlama yang Tak Kebobolan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Jul 2021 10:22 WIB

Cetak Rekor Inggris Jadi Kiper Terlama yang Tak Kebobolan

i

Jordan Pickford saat menahan bola ke gawang. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sepanjang pertandingan Euro 2020, penampilan Jordan Pickford yang dipercaya sebagai penjaga gawang nomor satu Inggris memang berhasil menuai decak kagum. Bahkan Jordan Pickford berhasil menjadi penjaga gawang terlama yang tidak kebobolan dalam sejarah nasional Inggris, Jumat (9/7/2021).

Kiper internasional Inggris itu mencatatkan waktu 721 menit di pertengahan babak pertama semi-final Euro 2020 Rabu melawan Denmark, melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Gordon Banks.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Tapi hanya butuh beberapa menit untuk mengakhiri rekor Pickford setelah dia membuat catatan tersebut, ketika Mikkel Damsgaard memberi Denmark keunggulan dengan tendangan bebas yang fantastis.

Tercatat, terakhir kali Jordan Pickford kebobolan adalah 15 November 2021 silam saat Inggris menghadapi Belgia di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Sisanya, dalam tujuh pertandingan beruntun plus 30 menit saat hadapi Denmark, Jordan Pickford belum pernah lagi kebobolan. Jika di total, dirinya sudah 750 menit menjaga keperawanan gawang Inggris.

Durasi waktu tersebut mampu lewati 720 menit yang dibuat Gordon Banks saat jadi kiper Inggris pada 1966 silam. Tak cuma statistik clean sheets yang buat publik Inggris sangat mengagungkan Jordan Pickford.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Statistik lain dari sang pemain selama gelaran Euro 2020 juga jadi alasan. Total dari 7 pertandingan, Pickford lakukan 10 kali saves dari total 11 tembakan yang ia terima. Artinya, tingkat penyelamatan Pickford di bawah mistar gawang selama Euro 2020 mencapai 90.9 persen.

Sejauh ini, pesaing utama Jordan Pickford adalah Gianluigi Donnarumma. Kiper Italia tersebut baru kebobolan tiga kali sepanjang turnamen, namun Pickford lebih unggul dari hal clean sheets. Dsy3

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU