Chef Triyono Eksplorasikan Kemampuan Seni Lewat Carving Fruit

Chef Triyono mempraktikkan teknik carving fruit. SP/ SBY

Eksplorasikan Kemampuan Seni Lewat Carving Fruit

 

Caption 1: Chef Triyono mempraktikkan teknik carving fruit. SP/ SBY

Caption 2: Salah satu hasil carving fruit. SP/ SBY

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Chef Triyono, salah satu chef di Arunika Coffee and Eats berbakat yang menguasai teknik mengukir dengan menggunakan media buah atau carving fruit. Bahkan, hasil karyanya sering digunakan untuk menghiasi berbagai event besar. Kemampuannya carving fruit atau seni mengukir pada buah segar memang tak diragukan.

Ternyata kemampuan dan bakatnya tersebut termasuk dalm hobinya menggambar sejak kecil hingga akhirnya ia mulai menekuni seni carving. “Dari kecil saya memang hobi sekali menggambar, tapi tidak pernah saya tekuni. Hanya sebatas hobi saja, baru tahu mengenai carving ya ketika masuk di bidang perhotelan,” jelasnya.

Salah satu hasil carving fruit. SP/ SBY

Mengetahui carving memiliki sisi menarik untuk digali dan dikembangkan, pria kelahiran 1982 ini pun mencari banyak referensi dan informasi terkait teknik carving. Dengan memanfaatkan media sosial YouTube, dia pun lantas belajar secara otodidak untuk mengembangkan teknik carving.

“Dasarnya saya belajar dengan teman, kemudian saya kembangkan lagi secara otodidak. Karena carving ini masih banyak sekali yang bisa digali,” urainya.

Sebelum ia mulai menekuni carving tersebut karena merasa penasaran dan tertarik ketika dia bekerja di salah satu hotel di Tulungagung, dia melihat salah seorang teman memiliki kemampuan carving. Hanya berbeda media dan alat yang digunakan. Karenanya, selama tiga hari penuh dia pun belajar carving bersama dengan temannya.

“Tiga hari tiga malam saya latihan terus, dari yang awalnya hanya melihat sampai praktik dan bisa membuat dengan bentuk yang sangat sederhana,” terangnya.

Selain itu, carving memiliki tantangan sendiri baginya. Salah satunya ketika harus melakukan carving pada media yang kecil, seperti buah stroberi. Dasarnya semua buah maupun sayur dapat dibuat sebagai media carving. Namun buah dan sayur yang memiliki tekstur padat yang paling ideal untuk digunakan. Seperti semangka, melon, apel, pir, wortel, dan timun.

Chef Triyono berharap ingin mengeksplorasi lagi kemampuannya dalam teknik carving. Salah satunya dengan carving siluet wajah. Ini merupakan salah satu teknik yang cukup sulit dilakukan. Sebab, membuat gambar agar tampak lebih hidup dan menyerupai aslinya.

Selain itu, dia pun bercita-cita untuk membagikan kemampuannya dalam carving fruit. Salah satunya dengan membuka pelatihan pada siswa di sekolah. Khususnya bagi siswa jurusan tata boga maupun perhotelan. “Ada rencana untuk melatih, itung-itung ini upaya saya dalam berbagi ilmu dengan sesama. Karena ini sesuatu yang bisa dikembangkan bersama,” tandasnya. Dsy7