Home / OlahRaga : Kandidat Peraih Ballon d'Or 2021

Chiellini Bisa Ikuti Jejak Cannavaro

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Jul 2021 20:20 WIB

Chiellini Bisa Ikuti Jejak Cannavaro

i

Calon peraih Ballon d'Or 2021.

SURABAYAPAGI.COM, Paris - Setelah gelaran kompetisi liga-liga top Eropa dan juga turnamen antar negara Euro 2020 selesai, kini dunia sepak bola tengah diramaikan dengan isu calon peraih Ballon d'Or 2021. Tahun lalu penghargaan ini ditiadakan lantaran banyak event sepak bola yang tidak tuntas akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Padahal banyak pemain yang dinilai layak untuk meraih Ballon d'Or musim lalu, salah satunya adalah Robert Lewandowski yang sukses membawa Bayern Munchen meraih 6 gelar dalam satu musim kalender.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Tahun 2021 kali ini, France Football, organisasi media yang memberikan penghargaan tersebut, kemungkinan besar akan kembali mengadakan penghargaan paling bergengsi di sepak bola Eropa tersebut.

Sebagai informasi, Ballon d'Or adalah penghargaan bergengsi insan sepak bola Eropa yang meraih sukses bersama klub maupun negaranya dalam satu tahun kalender kompetisi. Sejak tahun 2016, France Football tidak lagi bekerja sama dengan FIFA. Sebelumnya keduanya pernah bersinergi selama enam tahun (2010-2016) untuk memberi penghargaan pemain terbaik dunia.

Sejak Presiden FIFA dijabat oleh Gianni Infantino, FIFA memiliki penghargaan sendiri untuk pemain terbaik dunia yakni FIFA The Best. Dalam sejarahnya, Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak mengoleksi Ballon d'Or dengan enam trofi, disusul oleh Cristiano Ronaldo dengan lima trofi.

Lantas siapa pemain yang layak meraih Ballon d'Or tahun ini?

 

 

  1. Jorginho

Jorginho merupakan salah satu pemain yang tampil memukau musim ini baik bersama klub Chelsea maupun negara Timnas Italia. Bagaimana tidak, gelandang berusia 29 tahun itu sukses mengawinkan dua gelar bergengsi Eropa yakni Liga Champions bersama Chelsea dan Euro 2020 bersama Italia.

Tidak hanya memenangkannya, tapi Jorginho juga memberikan andil karena dirinya menjadi pilihan utama pelatih Thomas Tuchel di Chelsea dan Roberto Mancini di Italia. Pencapaian ini menjadi alasan besar bagi Jorginho dapat meraih Ballon d’Or 2021.

 

 

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

  1. Lionel Messi

Musim lalu Lionel Messi tidak beruntung karena gagal membawa Barcelona menjuarai beberapa turnamen bergengsi yakni Liga Spanyol dan Liga Champions. Ia hanya mampu memberikan satu gelar untuk Blaugrana yakni Copa del Rey dan menjadi top skor Liga Spanyol  2020/21.

Hal tersebut membuat namanya tidak difavoritnya meraih Ballon d'Or tahun ini. Namun semua berubah ketika La Pulga tampil gemilang bersama Argentina di Copa America 2021. Ia membawa negaranya itu meraih trofi Copa America untuk pertama kalinya sejak 1993 sekaligus menjadi gelar internasional pertamanya. Ia juga menjadi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di Copa America. Keberhasilan itu membuat nama Messi jadi pesaing kuat Jorginho meraih Ballon d'Or.

 

 

  1. Harry Kane

Bersama negara, Harry Kane memang gagal membawa Inggris menjadi juara Euro 2020 setelah kalah adu penalfi di final oleh Italia. Sedangkan di level klub, ia juga tidak mampu mengangkat performa Tottenham Hotspur bersaing meraih gelar juara.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Namun konsistensi penampilannya sebagai seorang striker berhasil ia jaga, baik di Tottenham maupun Timnas Inggris. Musim lalu, ia membukukan 23 gol di Liga Inggris sekaligus trofi top skor ketiganya yang berhasil ia raih. Di Euro 2020, ia menyumbang 4 gol untuk Inggris.

Ketajaman yang konsisten bisa jadi landasan para juri untuk memberikan penilaian terhadap Harry Kane agar bisa meraih Ballon d'Or.

 

 

  1. Giorgio Chiellini

Italia berpeluang kembali melahirkan peraih Ballon d'Or dari pemain berposisi bek. Terakhir kali hal itu terjadi pada tahun 2006 lalu, saat Fabio Canavaro meraihnya usai membawa Italia juara dunia.

Kini, hal itu bisa terulang dalam diri Giorgio Chiellini usai dirinya mengantarkan Gli Azzurri meraih Euro 2020. Kontribusinya menjaga pertahanan Italia hingga meraih trofi Euro 2020 membuatnya dapat diperhitungkan meraih pemain terbaik dunia.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU