China dan India Komitmen Pasok Impor Beras ke Indonesia, Total 2,5 Juta Ton

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Nov 2023 10:10 WIB

China dan India Komitmen Pasok Impor Beras ke Indonesia, Total 2,5 Juta Ton

i

Beras impor asal Vietnam sebanyak 24 ribu ton tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - China dan India menyatakan komitmen untuk memasok beras impor ke Indonesia. Hal tersebut sebagai upaya Pemerintah RI untuk mengamankan stok beras nasional lantaran mengalami penurunan akibat dampak cuaca ekstrem.

Pasokan impor beras tersebut totalnya ada 2,5 juta ton, masing-masing terdiri dari 1 juta ton dari China dan 1,5 juta ton dari India.

Baca Juga: Mantan Mendag Tuding Kelolaan Beras Kacau Balau

Namun, impor beras dari China akan dilakukan lebih dulu. Hal ini karena sudah ada perjanjian yang dibuat antara kedua negara. Sementara, impor beras dari India masih menunggu keputusan pemerintah India. Pasalnya, India sebelumnya menutup keran ekspor beras mereka.

“Impor dari China akan dilakukan lebih dulu. Karena sudah ada perjanjian, tinggal kapan kita butuhnya. Sedangkan, India akan buka keran ekspor beras ke Indonesia, mungkin tahun ini, tapi belum ada surat resmi,” kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Kamis (09/11/2023).

Buwas menjelaskan, komitmen India melepas ekspor beras ke Indonesia tersebut hasil pertemuan antara Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dengan Menteri Perdagangan dari India. Disebutkan bahwa India siap memasok 1,5 juta ton beras ke Tanah Air.

Sedangkan komitmen impor beras dari China didapatkan setelah Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Baca Juga: Harga Beras Tidak Ada Lonjakan, Stok di Retail Modern Masih Terbatas

"Itu awalnya antara Presiden Xi Jinping dengan Pak Presiden kita, lalu ditindaklanjuti oleh Menteri Luar Negeri. Kita ke sana oke. Sekarang sudah ada pembicaraan, sudah clear, sekarang tinggal China, katakan kapan Indonesia butuhnya," kata Buwas.

Menurutnya, dibanding India, komitmen China lebih kuat karena sudah ada perjanjian yang dibuat, meski belum ada kontrak.

"Kita kan lihat mana yang lebih cepet. Saya enggak mau terlambat untuk cadangan (beras). Kalau kita nunggu-nunggu yang belum pasti tiba-tiba enggak pasti bagaimana," pungkas Buwas.

Baca Juga: Pj Ali Kuncoro Resmi Keluarkan Surat Edaran Imbauan Beli Beras Premium Bagi ASN Pemkot Mojokerto

Sebagai informasi, jika India membuka keran ekspor beras, Indonesia akan mengimpor beras dari India setelah impor dari China selesai. Impor beras sebanyak 2,5 juta ton ini akan menambah stok beras nasional yang saat ini berada di level 1,7 juta ton. 

Sedangkan, stok beras ini diperkirakan akan bertahan hingga 5 bulan. Saat ini, pemerintah juga telah menargetkan stok beras nasional mencapai 4-5 bulan pada akhir tahun ini. jkt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU