China dan Turki Jalin Kerjasama Vaksin Covid-19 Perangi Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Mar 2021 13:28 WIB

China dan Turki Jalin Kerjasama Vaksin Covid-19 Perangi Pandemi

i

Mengunjungi Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi (kiri) bersentuhan dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, China - China dan Turki sepakat untuk menentang upaya beberapa negara untuk mempolitisasi kerja sama vaksin Covid-19, sambil berjanji untuk melanjutkan kerja sama mereka dalam memerangi pandemi.

Bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi yang mengunjungi China mengatakan bahwa China akan terus mendukung perjuangan anti-virus Corona Turki hingga mencapai kemenangan penuh.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Wang mengatakan bahwa dia yakin persahabatan tradisional China-Turki akan semakin diperkuat melalui perjuangan bersama melawan pandemi. Diplomat China itu mengatakan bahwa beberapa kekuatan berusaha mempolitisasi kerja sama vaksin dan menempelkan label padanya, yang merusak perjuangan global melawan pandemi dan harus ditolak oleh semua negara.

Wang memuji kemajuan besar yang dibuat dalam hubungan kerja sama strategis China-Turki di bawah bimbingan para pemimpin kedua negara, mengutip bahwa hubungan bilateral telah bertahan dalam ujian pandemi karena kedua negara menawarkan dukungan dan bantuan timbal balik untuk mengatasi kesulitan dan memperdalam persahabatan antara kedua bangsa.

Dia menyatakan kesediaan China untuk bekerja dengan Turki untuk meningkatkan rasa saling percaya, meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan, dan meningkatkan hubungan kerja sama strategis ke tingkat yang baru.

Ia mengatakan bahwa China mendukung kemerdekaan dan kedaulatan Turki, termasuk haknya untuk memilih sistem sosial, model pembangunan ekonomi, dan jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri, sembari mengharapkan dukungan lanjutan dari Turki atas isu-isu terkait inti China. kepentingan dan perhatian utama.

Baca Juga: Jatim Berikan Vaksinasi Booster Kedua Secara Gratis

Memperhatikan bahwa kerja sama China-Turki bersifat semua dimensi, Wang menyarankan kedua belah pihak memanfaatkan semua jenis mekanisme kerja sama untuk meningkatkan ekspor produk berkualitas Turki ke China, pertukaran mata uang, proyek-proyek besar, dan pertukaran orang-ke-orang, jadi untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam kerja sama win-win mereka.

Diplomat China tersebut juga menggarisbawahi kesediaan China untuk memperkuat koordinasi strategisnya dengan Turki dalam mendukung multilateralisme, menolak unilateralisme, menjaga sistem internasional dengan PBB sebagai intinya dan tatanan internasional berdasarkan hukum internasional, serta bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama. untuk umat manusia.

Dia menambahkan bahwa China menyambut baik delegasi Turki untuk ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Sementara itu, Cavusoglu mengatakan bahwa Turki selalu mematuhi prinsip satu-China dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kerja sama strategis Turki-China.

Baca Juga: Surabaya Mulai Gelar Vaksinasi Booster Kedua

Dia bersumpah bahwa negaranya tidak akan pernah terlibat dalam tindakan yang memusuhi China, sementara melarang tindakan kekerasan teroris terhadap China di wilayahnya.

Diplomat Turki tersebut mengungkapkan harapannya untuk memperkuat kerja sama Turki dengan China dalam melaksanakan proyek-proyek besar, memperdalam sinergi rencana Koridor Pusat dengan Inisiatif Sabuk dan Jalan China, meningkatkan ekspor ke China, dan memperluas pertukaran orang-ke-orang. Dsy10

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU