China Dukung Pasangan yang Ingin Miliki Tiga Anak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Jun 2021 11:16 WIB

China Dukung Pasangan yang Ingin Miliki Tiga Anak

i

Anak-anak ikut serta dalam permainan tarik tambang di sebuah taman kanak-kanak Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - China akan mendukung pasangan yang ingin memiliki anak ketiga, menurut pertemuan Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC).

Menerapkan kebijakan dan langkah-langkah pendukung yang relevan akan membantu meningkatkan struktur populasi China, secara aktif menanggapi populasi yang menua, dan melestarikan keunggulan sumber daya manusia negara itu.

Baca Juga: Terowongan Instalasi Militer China Kuno Berusia 1.800 Tahun

Menurut data sensus terbaru, orang China berusia 60 tahun ke atas menyumbang 18,7 persen dari total populasi negara itu pada tahun 2020, 5,44 poin persentase lebih tinggi dari tahun 2010.

Meningkatnya populasi lansia di China akan mengurangi pasokan angkatan kerja sekaligus meningkatkan beban perawatan lansia keluarga dan tekanan pada pasokan layanan publik dasar, kata Ning Jizhe, kepala Biro Statistik Nasional.

Telepon Chen Yuwen terus berdering pada Senin sore, ketika teman-temannya membombardirnya dengan banyak pesan tentang kebijakan anak ketiga.

"Orang-orang tahu bahwa saya ingin memiliki anak ketiga, jadi mereka semua datang untuk memberi tahu saya kabar baik," kata Chen, 36, ibu dua anak di Shanghai. Putra sulungnya berusia delapan tahun dan putra bungsunya hampir berusia empat tahun, Jumat (11/6/2021).

Chen Youhua, seorang profesor sosiologi di Universitas Nanjing, mengatakan kebijakan anak ketiga adalah langkah cepat yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesuburan China.

Baca Juga: Jalin Kontribusi dan Persahabatan Lewat Kontes Bahasa Mandarin

Populasi yang semakin tua akan meningkatkan biaya tenaga kerja dan tekanan pada jaring jaminan sosial, sehingga merusak vitalitas ekonomi dan momentum pertumbuhan ekonomi, kata profesor.

"Kebijakan baru memenuhi kebutuhan membangun masyarakat ramah kelahiran. Ini akan membantu membuat orang tua lebih mau dan kurang peduli untuk memiliki lebih banyak anak, dan memungkinkan mereka untuk membesarkan anak dengan baik," tambahnya.

China pada tahun 2013 mengizinkan pasangan untuk memiliki anak kedua jika salah satu orang tuanya adalah anak tunggal, dan pada tahun 2016 mengizinkan pasangan menikah untuk memiliki dua anak, menghapus kebijakan satu anak secara bertahap.

Pertemuan tersebut menuntut upaya untuk menerapkan kebijakan anak ketiga sesuai dengan hukum dan untuk memajukan penyelarasan kebijakan kelahiran dengan kebijakan ekonomi dan sosial yang relevan.

Baca Juga: Wisata Teh Hidupkan Kembali Desa-Desa Kuno di China

Pendidikan dan bimbingan harus diberikan untuk mempromosikan nilai-nilai pernikahan dan keluarga di antara kaum muda usia pernikahan, kata pertemuan itu.

Diperlukan upaya untuk meningkatkan layanan perawatan pra dan pasca melahirkan, mengembangkan sistem layanan pengasuhan anak universal, mempromosikan keadilan dalam pendidikan, meningkatkan pasokan sumber daya pendidikan yang berkualitas, dan mengurangi pengeluaran keluarga untuk pendidikan.

China juga harus terus menerapkan sistem penghargaan dan bantuannya saat ini serta kebijakan preferensial untuk keluarga dengan satu anak dan keluarga pedesaan dengan hanya dua anak perempuan yang lahir sebelum penerapan kebijakan dua anak. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU