China, Mulai Bangun Bandara Internasional di Buleleng, Bali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Jan 2022 21:00 WIB

China, Mulai Bangun Bandara Internasional di Buleleng, Bali

i

Desain bandara udara di Buleleng, Bali Utara.

SURABAYAPAGI.COM, Buleleng - Pemerintah China melalui China Construction First Group Ltd (CCFG), sebuah BUMN di RRC akan membangun bandara bertaraf internasional di Kubutambahan, Buleleng, Bali.

CCFG akan menggandeng PT BIBU Panji Sakti, perusahaan Indonesia.

Baca Juga: KEK Sanur, Wisata Kesehatan Terintegrasi yang Jadi 'Landmark' Perekonomian RI

Praktis kawasan Bali Utara pada 2024 mendatang akan memiliki sebuah bandar udara internasional. Bandara ini hadir untuk mengantisipasi semakin penuhnya Bandara Ngurah Rai di Bali Selatan.

Pembangunan bandara tersebut akan dilakukan setelah PT BIBU Panji Sakti meneken nota kesepahaman dengan China Construction First Group Ltd (CCFG). Ini adalah anak perusahaan BUMN China, CSCEC.

"Ini merupakan penguatan komitmen kerja sama kedua belah pihak dan sekaligus memperbaharui nota kesepahaman yang pernah kami tandatangani bersama pada 7 Agustus 2020 lalu," kata Direktur Utama PT BIBU Erwanto Sad Adiatmoko dalam keterangan resmi, Senin (3/11/2022).

Dengan ditekennya nota kesepahaman tersebut, maka kedua perusahaan akan bersama-sama membangun bandara bertaraf internasional di Kubutambahan, Buleleng, Bali.

Baca Juga: Meresahkan Sering Ngemis di Ubud Bali, WNA Lansia Dideportasi ke Negara Asalnya

CCFG nantinya akan menjadi kontraktor utama dalam pembangunan bandara internasional tersebut. Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga siap mendanai proyek pembangunan bandara di Bali Utara dengan skema turnkey.

"Kami siap membantu mewujudkan bandara yang diimpikan oleh warga Bali Utara," kata Chief Representative CCFG untuk Indonesia Sun Kelin.

CCFG dan juga induk usahanya, CSCEC memiliki rekam jejak dalam pembiayaan dan pembangunan di bidang konstruksi dan telah berpengalaman dalam menangani berbagai proyek pembangunan besar.

Baca Juga: Bukan hanya di Bali, BPS Catat Aceh Berpotensi Jadi Pilihan Wisata Favorit Wisman

Sementara PT BIBU adalah penggagas utama dari proyek pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang lokasinya di pesisir pantai (off shore) dan berada di wilayah Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Bandara Internasional Bali Utara yang terletak di Kubutambahan, Buleleng ini adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 109/2020.

Bandara ini nantinya akan dibangun di Kawasan pesisir pantai Kubutambahan, Buleleng yang sudah sesuai dengan dengan Peraturan Daerah (Perda) Bali 3/2020. n cnbc, er

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU